Tenang! Galbay Pinjol yang Masuk Slik OJK Bisa Auto Bersih dan Dihapus, Catat Waktunya

×

Tenang! Galbay Pinjol yang Masuk Slik OJK Bisa Auto Bersih dan Dihapus, Catat Waktunya

Bagikan berita
Ilustrasi galbay pinjol. (Foto: YouTube Sekilas Pinjol)
Ilustrasi galbay pinjol. (Foto: YouTube Sekilas Pinjol)

So, jika Anda sudah melunasi utang itu akan memerlukan proses waktu yang untuk dipulihkan kembali, atau benar-benar bersih.

Kendati demikian, proses tersebut biasanya tidak harus melalui update dari BI Checking. Anda bisa meminta pelunasan dari pinjol terkait.

Oleh karena itu, jika Anda ada kemungkinan untuk gagal bayar pinjol sebaiknya cek terlebih dahulu daftar pinjaman online yang masuk Slik OJK agar tidak muncul masalah di BI Checking.

Anda harus memprioritaskan pinjol-pinjol yang masuk BI Checking agar nanti Anda tidak tersandung masalah saat mengajukan pinjaman KPR, ataupun kredit motor.

Sebagai debitur Anda juga bisa nego pelunasan pokok utangnya ke perusahaan pinjol yang bersangkutan supaya utang Anda lunas tanpa harus membayar denda, dan bunga.

Kesimpulannya, waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan blacklist BI Checking atau Slik OJK paling cepat 1 bulan, 2 bulan, hingga 3 bulan. Biasanya, utang Anda akan terhapus sendiri dalam 24 bulan.

Meskipun Anda sudah membayar utang tetapi tetap membutuhkan waktu untuk membersihkan blacklist BI Checking.

Lalu, bagaimana jika butuh data untuk melakukan kredit motor, atau KPR rumah padahal Anda sudah melakukan pembayaran utang?

Caranya cukup mudah, Anda minta dokumen bukti pelunasan utang dari aplikasi pinjaman online itu, atau baik yang bersangkutan.

Dokumen bukti pelunasan utang itu bisa langsung diurus ke BI Checking jika Anda ingin lebih bersih dalam waktu cepat.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Sekilas Pinjol
Bagikan

Berita Terkait
Terkini