KAI Divre II Sumbar Catatkan Kinerja Positif pada Angkutan Penumpang dan Barang Semester Pertama 2024

×

KAI Divre II Sumbar Catatkan Kinerja Positif pada Angkutan Penumpang dan Barang Semester Pertama 2024

Bagikan berita
Vice President KAI Divre II Sumbar, Sofan Hidayah saat menyapa penumpang KA Pariaman Ekspres, Sabtu (10/8/2024).Ist
Vice President KAI Divre II Sumbar, Sofan Hidayah saat menyapa penumpang KA Pariaman Ekspres, Sabtu (10/8/2024).Ist

PADANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatatkan kinerja positif baik pada angkutan penumpang maupun barang selama kurun Januari s.d Juli 2024.

“Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan kereta api. KAI Divre II Sumatera Barat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan perjalanan,” kata Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin, Selasa (13/8/2024).

Angkutan Penumpang

Pada periode tersebut, KAI Divre II Sumbar melayani 1.065.521 penumpang kereta api, meningkat 9% dibanding periode yang sama tahun 2023 yakni 975.886 penumpang.

Rincian KA angkutan penumpang KAI Divre II Sumbar pada periode Januari s.d Juli 2024 yaitu KA Pariaman Ekspres (Pauhlima – Padang – Naras pp) sebanyak 824.860 penumpang, KA Minangkabau Ekspres (Pulau Air – Padang – BIM pp) sebanyak 171.317 penumpang, dan KA Lembah Anai (Kayu Tanam – BIM pp) sebanyak 69.344 penumpang.

”Peningkatan volume penumpang tersebut ditunjang oleh berbagai faktor, salah satunya adanya sejumlah rombongan dari instansi sekolah. Di samping itu, minat masyarakat menggunakan kereta api juga semakin meningkat karena kereta api menawarkan kenyamanan dengan harga yang murah,” kata As’ad.

Adapun 5 stasiun favorit yang paling banyak melayani penumpang untuk naik-turun KA yaitu Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun BIM, dan Stasiun Naras.

Dari sisi ketepatan waktu keberangkatan ataupun kedatangan kereta api penumpang di Divre II Sumbar, juga mengalami peningkatan performa. Dalam kurun Januari s.d Juli 2024, tingkat ketepatan waktu keberangkatan kereta api penumpang mencapai 99,8%, meningkat dibanding Januari s.d Juli 2023 yakni 99,4%. Adapun tingkat ketepatan waktu kedatangan kereta api penumpang pada Januari s.d Juli 2024 mencapai 99,4%, meningkat dibanding Januari s.d Juli 2023 yakni 98,9%.

Perbaikan performa ketepatan waktu kereta api ini diraih melalui peningkatan mutu kinerja operasional secara keseluruhan termasuk perawatan sarana dan prasarana. Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh penumpang.

"Mengingat tiket terbatas, maka kami menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI," kata As'ad.

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini