Adabiah: 109 Tahun Menjaga Warisan Pendidikan Minangkabau

×

Adabiah: 109 Tahun Menjaga Warisan Pendidikan Minangkabau

Bagikan berita
Adabiah: 109 Tahun Menjaga Warisan Pendidikan Minangkabau
Adabiah: 109 Tahun Menjaga Warisan Pendidikan Minangkabau

PADANG - Perguruan Adabiah, lembaga pendidikan yang telah menjadi ikon di Sumatera Barat kini sudah berusia 109 tahun. Sejak didirikan pada tahun 1909, Adabiah telah melahirkan ribuan lulusan yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berpegang teguh pada nilai-nilai agama dan budaya.

"Usia ke-109 tahun usia yang muda lagi. Telah banyak prestasi yang kami raih. Bahkan dari Adabiah ini banyak lahir tokoh-tokoh nasional," kata Ketua Pelaksana Pembina Harian YSO Adabiah Padang Prof Dr Fauzi Bahar MSi kepada wartawan di Ruang Rapat YSO Adabiah Padang, Rabu (14/8/2024).

Disebutkan Fauzi Bahar, Adabiah berasal dari bahasa Arab Adab yang artinya tingkah laku, akhlak, budi pekerti, sopan santun. Artinya, sekolah Adabiah mengedepankan budi pekerti kepada siswanya.

“Lahirnya Adabiah diilhami oleh pemikiran H Abdullah Ahmad tentang keinginannya mendirikan sekolah yang bernapaskan Islam di Minangkabau. Nama Adabiah dengan pengertian mencakup ilmu pengetahuan, kebudayaan dan budi pekerti yang luhur," terang mantan Waikota Padang dua periode tersebut.

Menurutnya, keunggulan Adabiah adalah berhasil dalam membentuk sikap dan perilaku peserta didik. "Apalagi era digital saat ini dapat menggerus nilai moral tunas-tunas bangsa jika dimaknai dengan cara yang tidak benar. Sehingga penguatan sikap dan perilaku merupakan salah satu solusi untuk menjaga anak-anak dari hal itu," tegas Fauzi.

Ketua YSO Adabiah Padang Aristo Munandar, memaparkan implementasi dari menyiapkan generasi cerdas dan beriman di Adabiah dijabarkan dalam 5 Pilar Keadabiahan.

"Lima pilar yang dimaksud adalah Keislaman, Kebangsaan, Kekeluargaan, Kedisiplinan dan Keprofesionalan," ujarnya.

Dijelaskannya, kelebihan anak ketika mendapat pendidikan di Adabiah, cukup banyak dibanding sekolah swasta lainnya di Sumbar. Pertama, pembelajaran umum menjadikan peserta didik menjadi anak yang cerdas dan berilmu pengetahuan. Kedua, ada program unggulan (Progul). Progul di Adabiah adalah pembelajaran tahfiz dan tahsin serta ABS-SBK. Gunanya untuk memperkokoh jati diri sebagai seorang muslim dengan sikap prilaku berbasis budaya Minangkabau.

“Kami memberi garansi, pendidikan di Adabiah, mulai dari tingkatan TK, SD, SMP dan SMA serta Perguruan Tinggi akan menjadikan peserta didik cerdas, berilmu pengetahuan dan berakhlak,” jelas Aristo.

Aristo mengungkapkan dengan implementasi lima pilar itu, Perguruan Adabiah masih menjadi sekolah swasta di Kota Padang yang diminati. Buktinya pada tahun ajaran baru 2024/2025, jumlah murid dan siswa baru mulai dari TK hingga STIA Adabiah mencapai 2.606 orang.

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini