Aturan Terbaru OJK Agustus 2024, Fix Semua Pinjol Masuk Slik OJK

×

Aturan Terbaru OJK Agustus 2024, Fix Semua Pinjol Masuk Slik OJK

Bagikan berita
Ilustrasi aturan terbaru OJK.
Ilustrasi aturan terbaru OJK.

Menurut narator, aturan itu dinilai seram karena bagi Anda yang bekerja sebagai ASN pasti takut Slik OJK bermasalah. Karena hanya dengan utang Rp1 juta langsung masalah dengan Slik OJK.

"Saya tidak menakut-nakuti karena banyak sekali member saya yang bekerja sebagai PNS takut dengan Slik OJK," katanya.

2. Wajib dukung industri jasa keuangan

Pada poin kedua peraturannya, OJK berharap dengan p2p lending wajib lapor Slik, informasi terkait debitur akan menjadi lebih komprehensif, dan mendukung industri jasa keuangan dalam melakukan manajemen risiko kredit, atau pembiayaan, dan risiko asuransi, atau pinjaman, serta kegiatan lainnya untuk mendukung pelayanan kegiatan usaha pada LJK.

Narator menjelaskan, jika Anda punya aplikasi pinjol, dan ternyata aplikasi itu terdaftar di OJK. Kemudian, Anda mendapat informasi bahwa aplikasi tersebut semi legal. Harap hati-hati dalam menelan informasi jangan pernah percaya.

"Intinya adalah kalau pinjolnya itu legal berizin OJK, Anda harus waspada, dan hati-hati terutama dalam pelaporan Slik OJK. Kita tidak tahu secara kevalidannya. Apakah pinjol itu dikatakan pinjol semi legal, atau tidak," katanya.

Narator pun mencotohkan, ia galbay di pinjol Modal Nasional bisa dikatakan pinjaman online semi legal. Tetapi setelah di cek ke Slik OJK, ternyata dirinya sudah masuk golongan kol 5.

"Artinya Anda jangan mudah terkecoh dengan pinjol semi legal. Karena meski semi status mereka sama dengan pinjol legal, dan data Anda bisa bermasalah di Slik OJK," katanya.

Maka dari itu, narator mengingatkan kepada nasabah jika memang tidak punya uang, dan belum mampu bayar tagihan pinjol sedangkan Anda butuh data Slik OJK untuk pengajuan kredit yang perlu dilakukan adalah melihat kapasitas diri Anda.

"Jangan cuman karena Slik OJK saja Anda rela merelakan semua harta, aset, dan masa depan demi Slik OJK agar bisa mengajukan kreditan diperbankan," katanya.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Tools Pinjol
Bagikan

Berita Terkait
Terkini