Biaya Atlet pada PON XXI, Pemprov Sumbar Perjuangkan Penggunaan APBD-P Lebih Awal

×

Biaya Atlet pada PON XXI, Pemprov Sumbar Perjuangkan Penggunaan APBD-P Lebih Awal

Bagikan berita
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon.Ist
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon.Ist

PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat optimis kontingen Sumatera Barat akan mendulung pretasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 . Untuk itu, Pemprov Sumbar memperjuangkan agar anggaran yang dialokasikan untuk mengikuti iven tersebut agar dapat digunakan dengan cepat.

"Kita sudah alokasikan anggaran Rp16 miliar pada APBD-Perubahan, karena anggaran perubahan itu baru disetujui kemarin. Agar bisa digunakan harus melewati evaluasi dari Kementrian Dalam Negeri, untuk itu kita berupaya anggaran itu dapat digunakan lebih cepat,"sebut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Maifrizon Selasa (20/8/2024).

Dikatakannya, kontingen Sumbar memang harus sudah ada berangkat ke Medan dan Aceh untuk mengikuti iven nasional tersebut. Untuk itu membutuhkan anggaran untuk biaya perjalanan. Sementara anggaran APBD Perubahan Sumbar belum selesai dievaluasi Kementrian Dalam Negeri.

"Paling tidak butuh waktu sekitar 2 minggu menunggu evaluasi, sedangkan PON XX1 Aceh-Sumut 2024 sudah dimulai 8 September 2024, untuk itu sedang kita perjuangkan agar dana itu dapat digunakan lebih awal, karena sudah kita alokasikan di perubahan,"paparnya lagi.

Diakuinya, untuk memberangkatkan kontingen dan persiapan atlet menghadapi PON XX1 Aceh-Sumut 2024 membutuhkan anggaran. Untuk itu pihaknya berupaya penggunaan APBD Perubahan dipercepat.

Diketahui, PON Aceh-Sumut 2024 akan dilaksanakan pada 8-20 September 2024 atau kurang 3 bulan lagi. Satgas PON KONI Sumbar sendiri telah dibentuk dan bertugas sejak 1 Mei 2024, dengan ketua Alvira yang juga Waketum I KONI Sumbar.

Pada PON mendatang, Sumbar akan memberangkatkan sebanyak 49 Cabang Olahraga (Cabor) dengan 6 di antaranya merupakan Cabor Mandiri, yang biaya keberangkatannya tidak ditanggung anggaran daerah.

Data terakhir total atlet Sumbar yang akan berlaga di PON Aceh-Sumut 2024 adalah sebanyak 502 atlet. Sejauh ini tercatat sebanyak 337 atlet yang bakal berangkat ke Aceh-Sumut melalui pendanaan APBD Sumbar. Para atlet ini sebelumnya telah mengikuti babak kualifikasi PON yakni Kejurnas PON dan Porwil.(yose)

Editor : yoserizal
Bagikan

Berita Terkait
Terkini