Kunci Entrepreneur Sukses Kaya Raya Berbisnis, Lakukan Hal ini!

×

Kunci Entrepreneur Sukses Kaya Raya Berbisnis, Lakukan Hal ini!

Bagikan berita
Ilustrasi tips memulai bisnis agar sukses. (Foto: kanal Youtube Success Before 30)
Ilustrasi tips memulai bisnis agar sukses. (Foto: kanal Youtube Success Before 30)

SINGGALANG - Sahabat entrepreneur, kali ini kita bakal berbagi sedikit inspirasi mengenai bagaimana memulai bisnis besar.

Banyak dari kita sering bertanya, "Apa yang harus dilakukan untuk memulai bisnis?" Terutama ketika ada yang mengatakan, "Saya mau berbisnis, tetapi tidak punya modal."

Dikutip dari video unggahan kanal Youtube Success Before 30, Chandra selaku adminnya mengatakan banyak orang beranggapan bahwa untuk memiliki bisnis yang sukses, modal besar adalah syarat utama.

"Namun, apakah benar demikian? Mari kita lihat contoh dari dua tokoh dunia yang telah membuktikan bahwa bisnis besar tidak selalu dimulai dari modal yang besar," ujar Chandra dikutip hariansinggalang.co.id, Rabu(21/8/2024).

Pertama, kita mengenal Bill Gates, orang terkaya di dunia. Apa yang membuatnya sukses? Dia memulai dari garasi rumahnya, bukan dari modal yang melimpah.

Bill Gates merupakan contoh nyata bahwa bisnis besar dapat dimulai dari tempat yang sederhana asalkan ada kerja keras, dedikasi, dan inovasi.

Kemudian, ada Mark Zuckerberg, pendiri Facebook. Dia juga memulai dari kamar kosnya dengan ide sederhana untuk mempertemukan teman-teman sekolahnya.

Dari ide tersebut, Facebook berkembang pesat dan kini menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia.

"Aku sendiri juga memulai bisnis dari garasi rumah yang kecil. Dengan ketekunan, aku mampu membangun jaringan bisnis yang sekarang mencakup 30 provinsi di Indonesia," sebutnya.

Ini menunjukkan bahwa bukan modal yang utama, tetapi keberanian dan inovasi dalam memulai.

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini