Peluang Bisnis 2024, Strategi Ampuh Menaikkan Penjualan Minuman di Pasar yang Ketat!

×

Peluang Bisnis 2024, Strategi Ampuh Menaikkan Penjualan Minuman di Pasar yang Ketat!

Bagikan berita
Ilustrasi tips dan trik bisnis minuman. (Foto: kanal Youtube Yusuf Bicara Investasi)
Ilustrasi tips dan trik bisnis minuman. (Foto: kanal Youtube Yusuf Bicara Investasi)

Strategi ini sering digunakan oleh brand besar. Misalnya, kalian bisa menawarkan topping tambahan seharga Rp5.000.

Dengan begitu, average basket size naik dari Rp25.000 menjadi Rp30.000 per cup. Dengan penjualan 100 cup, omset harian kalian bisa meningkat menjadi Rp3.000.000.

4. Bundling Produk

Bundling produk adalah strategi lain yang bisa kalian coba. Lihatlah tiga brand besar ini: Menantea, Janji Jiwa, dan Kopi Kenangan. Masing-masing punya strategi bundling yang berbeda.

  • Menantea: Menawarkan minuman dan snack frozen yang praktis, membuat operasional mereka efisien. Hasilnya, Menantea berhasil membuka lebih dari 130 cabang di Indonesia.
  • Janji Jiwa: Menyediakan kopi dan roti yang bahan-bahannya mudah disimpan dan diolah. Strategi ini memungkinkan mereka untuk menduplikasi outlet dengan cepat.
  • Kopi Kenangan: Menyediakan kopi dengan roti sobek yang didistribusikan dari pabrik. Meskipun strategi ini kurang unik dibandingkan produk yang langsung diolah di outlet, mereka tetap berhasil menjadi unicorn di Asia Tenggara.

Mana Strategi yang Paling Cocok untuk Kalian?

Dari ketiga brand ini, kalian bisa belajar mana yang paling sesuai dengan bisnis kalian.

Apakah kalian lebih suka model Menantea dengan snack frozen, Janji Jiwa dengan produk panas dan dinginnya, atau Kopi Kenangan dengan roti sobeknya?

Kesimpulannya, ada banyak cara untuk meningkatkan penjualan minuman di industri yang ketat ini. Tinggal bagaimana kalian memilih strategi yang paling sesuai dengan bisnis kalian.

Semoga sharing ini bermanfaat dan membantu kalian untuk terus berkembang di industri minuman!(*)

Editor : RC 015
Bagikan

Berita Terkait
Terkini