Yixing nan Megah, Tercengang Saya Dibuatnya

×

Yixing nan Megah, Tercengang Saya Dibuatnya

Bagikan berita
Yixing nan Megah, Tercengang Saya Dibuatnya
Yixing nan Megah, Tercengang Saya Dibuatnya

Delta Sungai

Sungai Hanzi atau Yangtze yang bisa diartikan Sungai Panjang bak namanya. Membentang 6.300 Km, terpanjang di China sekaligus di Asia. No 3 di dunia. Di delta sungai inilah budaya Tiongkok kuno dibangun. Yixing salah satu kota di delta tersebut. Sungai sejarah dan peradaban itu bermuara di Laut Tiongkok Timur di Samudera Pasifik. Laut tepi itu menyapa Jepang dan Korea. Sungai ini lelah mengular ke hilir, dari rumah tuannya, di hulu Dagqu atau Bukit Jari. Ini, terletak di Pegunungan Tanggula, Qinghai sebuah provinsi di barat laut negeri itu. Baru sedikit cerita tentang Yixing, malah sudah seperti membaca atau mendengar nama-nama dalam film laga tangan kosong dari Mandarin. Saya saja yang menulis harus tiap sebentar memastikan, agar tak tulis.

null
Sesudut Kota Yixing, China

Ekonomi China

Saya melihat sedan merek Xiaomi melaju mulus di jalan bebas hambatan, persis di depan bus yang kami tumpangi. Ada taksi tanpa sopir, tapi saya tak sempat mencoba naik.

"Berapa PDB per kapita Tiongkok pada 2023?" Pertanyaan ini saya ajukan kepada Prof. Werry Darta Taifur.

"Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 12,621.721 USD pada 2023, dibandingkan dengan 12,674.900 USD pada 2022," jawab kawan kita ini. Nah mulai saya pusing sebab banyak sekali angkanya. Saya mau tanya Indonesia, profesor sudah pergi pula. Menurut catatan, PDB Indonesia US 4.943 pada tahun yang sama.

Singkat cerita: ekonomi China nomor satu terbesar di dunia, seperti juga jumlah penduduknya. Segala besar, potongan buah semangka besar-besar. Waktu sarapan saya temukan, 1:3 dengan di hotel Indonesia.

Tapi kata sebagian Amerika Serikat yang terbesar. Anak dua ini, agak lain memang. Seperti juara kelas, gantian. Pokoknya China hebatlah, hutang-hutangi Indonesia dibuatnya. China tak suka perang, kabarnya. Namun, suka menyebar uangnya ke berbagai negara.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini