Masuk ke Pabrik Peralatan Pabrik Semen di China

×

Masuk ke Pabrik Peralatan Pabrik Semen di China

Bagikan berita
Masuk ke Pabrik Peralatan Pabrik Semen di China
Masuk ke Pabrik Peralatan Pabrik Semen di China

Oleh Khairul Jasmi

Nah. Ini bukan pabrik semen, tapi pabrik dari segala peralatan dan perkakas pabrik semen kelas dunia: Sinoma. Segala ada di sini dan dunia antara lain, dipersatukan oleh teknologi, setelah cinta dan uang.

Anda bisa bayangkan, saya yang sarjana sosial, itupun ilmu rata-rata air saja, masuk pabrik berteknologi tinggi. Namun, tak soal. Bisa saja, asal fokus. Masalahnya, saya sering tak fokus, kecuali sedang menulis hehehe…

Sinoma, terletak di Jalan Xuhai no 186, Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Xuzhou, di Kota Xuzhou, Provinsi Jiangsu, China. Rombongan Semen Padang dan Semen Indonesia sampai di sana, Selasa (27/08/2024) siang. Rombongan terdiri dari Komisaris Semen Padang, Werry Darta Taifur, Dirut Indrieffouny Indra, Sekretaris Perusahaan Iskandar Z Lubis dan SVP of Project Management Office Semen Indonesia, Boy Aditya Prakasa dan saya.

Rombongan ini diajak masuk pabrik

Industri rekayasa dan peralatan semen dengan bangunan tinggi jangkung dan berderet itu. Setelah penjelasan tentang seluk-beluk pabrik, kami berjalan makin ke dalam di lantai yang bersih. Tak ada oli berceceran, tak ada besi-besi yang terletak berantakan. Lantai itu dicat sehingga mengkilat, bersih jika dibanding lantai rumah sakit.

Rombongan lama berhenti di area perakitan roda pendukung, di sebelah area robot yang terus-menerus bekerja. Agak tekun dan tumakninah bapak- bapak itu jika sudah bicara teknologi.

Isi pabrik
Isi pabrik

Perusahaan BUMN

Sinoma adalah BUMN China dan merupakan anak perusahaan China National Building Materials Equipment Group. Perusahaan bergerak di bidang manufaktur, instalasi, dan layanan teknis peralatan termal untuk pabrik semen. Perusahaan ini di China berada di papan atas pada kategorinya dengan kue 68 persen. Grup ini didirikan pada 1983 dengan bidang-bidang peralatan semen, jada rekayasa, serat kaca, pabrik semen dan peralatan lain berteknologi tinggi.

Perusahaan Sinoma yang dikunjungi berada di atas lahan sekitar 6 hektare. Di sini bekerja 240 karyawan di antaranya 50 insinyur. Di sana ada 100 set peralatan besar, menengah, khusus dan pintar. Pemegang 40 paten dengan 10 paten penemuan dan satu paten internasional itu, adalah perusahaan yang “sepi.” Orang di sini tak seberapa.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini