Tianjin Cement Institute yang Luar Biasa

×

Tianjin Cement Institute yang Luar Biasa

Bagikan berita
Ruan Wenfang memberikan penjelasan pada Dirut Semen Padang, Indrieffouny Indra. (Kj)
Ruan Wenfang memberikan penjelasan pada Dirut Semen Padang, Indrieffouny Indra. (Kj)

Khairul Jasmi

Ruan Wenfang, bersemangat sekali menjelaskan kemajuan badan riset semen Tianjin. Ia membawa kami ke dalam ruangan “Inheritance Innovation.” Sementara di halaman kantor milik Sinoma itu, berkibar bendera China, yaitu Bendera Merah Lima Bintang. Di sebelahnya bendera perusahaan dan: Sang Merah Putih, bendera Kebangsaan Indonesia.

“Kami kibarkan karena Anda dari Indonesia, tamu kehormatan kami,” kata pejabat di Sinoma, Kamis(29/8/2024). Bendera itu meliuk-liuk disapa angin China. Saya foto bendera itu.

Langkah-langkah Sejarah

Kami diarak ke dalam ruangan rancak, rumah bagi sejarah perjalanan Tianjin Cement Industry Design & Research Institute (TCIDR). Ini satu lembaga sayap dari perusahaan raksasa, Sinoma dan CNBM.

Ruan Wenfang, perempuan semampai itu, menjelaskan kepada kami dalam Bahasa Inggris. Ia selalu berada di sisi CEO TCIDR, Liu Tao. Lalu ada pejabat-pejabat di sana, Deng Rongjuan, Hou Yanjun dan Pan Pei. Kami, Werry Darta Taifur, Indriefouny Indra, Boy Aditya Prakasa dan Iskandar Lubis dan saya Khairul Jasmi.

Seperti kronik di garis waktu, Ruan menjelaskan detail. Sementara itu layar-layar kaca ukuran raksasa penuh ganbar dan penjelasan dalam bahasa China.

null
Ruan Wenfang memberikan penjelasan pada Komisaris Semen Padang, Werry Darta Taifur.

Disebutkan, sejak 1950-an dan 1960-an, Tianjin Cement Institute telah berpartisipasi dalam pembangunan pabrik semen di Rwanda, Kamboja, Albania dan negara-negara lain.

Dari 1962 hingga 1963, Institut Semen Tianjin berpartisipasi dalam proyek untuk membantu pabrik semen Kamboja. Pangeran Sihanouk bertemu dengan pemimpin teknis dan memberinya Medali Nasional Kamboja. Di sana dipajang foto Pangeran Sihanouk menyematkan medali tersebut.

Merujuk sejarah bangsa mereka, awal berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, banyak sekali limbah yang menunggu untuk direnovasi. Untuk benar-benar mengubah keadaan tanpa industri semen modern saat itu, partai dan pemerintah memutuskan untuk membangun skala besar dan menengah pabrik semen berukuran besar dengan kecepatan dan skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Juga mendirikan pabrik baru, dan merenovasi pabrik lama. Pada saat ini, pendahulu Institut Semen Tianjin—Perusahaan Desain Administrasi Industri Bahan Bangunan Kementerian Pusat Industri Berat—lahir di Shenyang. Ini adalah salah satu lembaga desain industri skala besar paling awal yang didirikan setelah berdirinya Republik Rakyat Tiongkok China. Lembaga penelitian dan desain profesional paling awal di industri semen.

Editor : MELDA RIANI
Bagikan

Berita Terkait
Terkini