Sedapnya Lontong ORARI, Mantapnya Soto Banjar

×

Sedapnya Lontong ORARI, Mantapnya Soto Banjar

Bagikan berita
Lontong Orari. (ist)
Lontong Orari. (ist)

Jika bepergian ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tak pas kiranya tak mencoba makanan khas dari berjuluk Kota Ribuan Sungai.

Salah satu kuliner khas Banjarmasin adalah Lontong ORARI. Lontong ORARI ini patut dicoba. Rasanya yang gurih dan unik menjadi makanan khas Banjar.

Lontong ORARI berada Jalan Sungai Mesa, Seberang Masjid, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Mencari lokasinya pun mudah. Kalau malu bertanya dengan orang di situ, bisa dilihat di google maps. Akurat, pas langsung diantar ke lokasi tujuan.

Dari bentuknya, lontong Orari hampir sama dengan lontong pada umumnya. Hanya bentuknya saja yang berbeda. Lontong berbentuk segitiga dibungkus daun saat dimasak. Mirip dengan lopis.

Lontong kemudian disiram dengan gulai nangka. Rasa kuahnya gurih dan ada manis-manisnya. Rasa gurih pada kuah dihasilkan dari santan yang dimasak.

Untuk lauknya, tersedia tiga pilihan. Ayam, haruan atau ikan gabus dan telur. Anda bisa memilih salah satu lauk pilihannya atau kalau mau semuanya pesan saja lontong komplit. Nanti akan diantar lontong lengkap dengan ayam, haruan dan telur.

“Bikin kenyang,” kata Andri salah satu wisatawan asal Sumbar saat menyantap lontong Orari pertama kalinya.

Menurutnya, lontong Orari enak dan bisa diterima lidah siapa saja. Rasanya yang gurih dan ada manisnya.

Berbeda dengan lontong yang lain. Lontong ORARI memiliki rasa yang unik.

Stepen salah seorang warga Banjarmasin menyebut, lontong ORARI sudah terkenal sejak lama. Bahkan selalu diburu wisatawan. Lontong ORARI buka dari pagi hingga malam hari.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini