Kejari Padang Musnahkan Barang Bukti Narkotika

×

Kejari Padang Musnahkan Barang Bukti Narkotika

Bagikan berita
Kajari Padang bersama sejumlah pihak saat memusnahkan barang bukti perkara narkotika, Selasa (10/9) di halaman Kantor Kejari Padang.
Kajari Padang bersama sejumlah pihak saat memusnahkan barang bukti perkara narkotika, Selasa (10/9) di halaman Kantor Kejari Padang.

Padang -Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang memusnahkan barang bukti perkara yang sudah inkrah, Selasa (10/9) di halaman kantornya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Padang, Aliansyah mengatakan, pemusnahan barang bukti ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan dan merupakan tindak lanjut dari tugas jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum.

"Pemusnahan barang bukti ini sekaligus untuk mengantisipasi adanya penyimpangan serta penyalahgunaan barang bukti yang dilakukan oleh oknum aparat penegak hukum," katanya.

Dia menyebutkan, perkara narkotika masih mendominasi di Kota Padang. Setidaknya dalam pemusnahan barang bukti ini didapat dari 76 perkara.

"Yang dimusnahkan dari perkara narkotika ini terdiri dari ganja 1,18 kg, sabu 201 gram," jelasnya.

Selain itu ada tindak pidana umum lainnya sebanyak 21 perkara, dengan barang bukti berupa senjata tajam sebanyak tujuh buah.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika sangat dibutuhkan peran serta semua komponen masyarakat karena, barang haram tersebut, dipasok dan dipasarkan ke tengah-tengah masyarakat.

"Kami berharap kepada masyarakat, dapat memberikan informasi kepada aparat penegak hukum jika menemukan tindakan mencurigakan terkait penyelundupan atau peredaran barang-barang terlarang tersebut. Mari bersama mengedukasi generasi muda supaya tidak terjerumus dan terlibat dengan barang haram ini yang akan merusak masa depan anak bangsa,"ujarnya.

Kajari juga mengharapkan peran serta ninik mamak dan perangkat adat serta daerah dalam meminimalisir tawuran antar pemuda dan pelajar di Kota Padang dengan memfasilitasi kegiatan yang positif supaya energi dari generasi muda tidak terbuang pada hal-hal negatif.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir pihak dari kepolisian, LKAAM, serta perwakilan siswa SMA Negeri 3 Padang. (wy)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini