BNPB Telah Siapkan Siaga Hadapi Potensi Gempa Megathrust

×

BNPB Telah Siapkan Siaga Hadapi Potensi Gempa Megathrust

Bagikan berita
Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto. (Foto: IndoTimur)
Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto. (Foto: IndoTimur)

SINGGALANG - Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengatakan, Indonesia perlu siaga dalam menghadapi ancaman megathrust.

Ia turut mengungkapkan BNPB telah menyiapkan masyarakat agar siaga di sejumlah titik-titik potensi megathrust.

Hal itu usai membuka Asia Disaster Management and Civil Protection Expo (Adexco) seri ketiga Digi Expo Kemayoran pada Rabu siang, 11 September 2024.

Kepala BNPB mengatakan bahwa Indonesia perlu siaga dalam menghadapi ancaman gempa megathrust.

Ia mengatakan dalam 3 tahun terakhir meski Indonesia banyak dilanda bencana tetapi bisa membuktikan dengan dampak yang berkurang baik dari infrastruktur hingga korban jiwa.

Suharyanto juga mengutarakan, Indonesia sebagai tuan rumah adexco bisa menjadi wadah strategis bagi pemangku kepentingan di Indonesia dan internasional untuk memperkuat dalam upaya penanggulangan bencana yang berkelanjutan.

"Langkah untuk menyikapi daerah-daerah megathrust kemarin secara serentak kita laksanakan apel kesiapsiagaan untuk menguji untuk melihat lagi kesiapan masyarakat ternyata Alhamdulillah rata-rata sudah pada tahu masyarakat di sekitar titik-titik yang dimungkinkan ada megathrust," katanya dilansir YouTube METRO TV, Kamis, 12 September 2024.

Hal itu menyikapi isu megathrust, Suharyanto meminta masyarakat perlu waspada perlu siaga tapi juga tidak perlu takut berlebihan.

"Laksanakan saja aktivitas tetapi harus sadar bahwa di satu sisi kita tinggal di daerah yang kaya sumber daya alam. Tetapi di sisi lain kita pun tinggal di tempat yang sewaktu-waktu terjadi bencana," katanya. (*)

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Metro TV
Bagikan

Berita Terkait
Terkini