DELVA RIZKI, Gagal Hetrik, Sekaligus Gagal Happy Ending di PON Terakhirnya

×

DELVA RIZKI, Gagal Hetrik, Sekaligus Gagal Happy Ending di PON Terakhirnya

Bagikan berita
PERAK- Taekwondoin Sumbar, Delva Rizki (kiri) bersama para peraih medali emas, dan perunggu usai penggalungan pemenang cabor taekwondo nomor gyourugi kelas over 73 kg putri. (humas koni sumbar)
PERAK- Taekwondoin Sumbar, Delva Rizki (kiri) bersama para peraih medali emas, dan perunggu usai penggalungan pemenang cabor taekwondo nomor gyourugi kelas over 73 kg putri. (humas koni sumbar)

MEDAN -Harapan taekwondoin putri Sumbar, Delva Rizki mempertahankan medali emas untuk ketiga kalinya berturut-turut (hetrik) gagal terwujud. Uniang -sapaan Delva Rizki- harus puas dengan medali perak sekaligus juga gagal membalaskan kekalahannya saat di BK PON 2023 lalu.

Bertanding di PON XXI Aceh Medan di nomor gyorugi (laga) kelas heavy (over 73 kg) putri, peraih medali emas PON Jabar 2016 dan PON Papua 2021 itu harus mengakui keunggulan taekwondoin asal Jawa Tengah, Amelia Putri Wibowo dengan poin akhir 0-2 di Martial Art Arena, Deli Serdang, Sumut, Sabtu (14/9).

Perjuangan Uniang dari babak awal hingga partai puncak membutuhkan perjuangan yang melelahkan. Kenapa tidak, bagan pertandingan yang didapati taekwondoin asal Padang Pariaman ini mengharuskan dirinya memainkan empat laga alias merangkak dari bawah dalam satu hari.

Pada laga pembuka Uniang bersua taekwondoin asal Riau, Nabila Syahira. Taekwondoin ini masih muda usia, 18 tahun. Peraih medali perak POPNAS 2023. Uniang berhasil menang 2-0.

Laga kedua, Uniang kembali bertemu taekwondoin muda usia, 19 tahun asal Bali, Ayu Jesica Jasmine Suar pemegang medali emas POPNAS 2023. Uniang masih bisa atasi Ayu Jesica tersebut dengan poin tipis 2-1. Tiket semifinal pun digenggam Delva -panggilannya sehari-harinya.

Pada partai semifinal, pegawai honorer KONI Sumbar ini menghadapi Nanda Fernanda, taekwondoin asal DKI Jakarta berusia 24 tahun. Dia juga pemegang medali perunggu di Babak Kualifikasi (BK) PON 2023. Alhamdulillah, kemenangan dengan poin tipis 2-1 kembali diraih Uniang.

Tibalah di partai pemungkas yakni final. Lawannya Amelia Putri Wibowo. Pertemuan kedua taekwondoin ini ajang balas kekalahan bagi Delva.

Amelia Putri Wibowo ini usianya juga masih muda, 21 tahun. Taekwondoin dengan bendera Jawa Tengah ini dua kali berturut-turut peraih medali emas POMNAS 2022 dan 2023. Terakhir menjadi number one alias medali emas di BK PON 2023. Menariknya di partai final BK PON 2023 lalu itu Delva dan Amelia ini bentrok juga di partai final. Delva kalah dan harus puas dengan medali perak.

Dan Delva pun punya dua misi kala bersua Amelia ini. Pertama, ajang balas dendam. Kedua, misi bikin hetrik agar bisa pensiun di PON dengan happy ending.

Namun apa hendak dikata. Usia Delva yang sekarang sudah menginjak 31 tahun kembali harus mengakui ketangguhan Amelia yang usianya terpaut 10 tahun lebih muda itu dengan poin 0-2.

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini