Sumbar Talenta Wakili Indonesia pada Festival Budaya dan Resepsi Diplomatik di Istanbul Turkey

×

Sumbar Talenta Wakili Indonesia pada Festival Budaya dan Resepsi Diplomatik di Istanbul Turkey

Bagikan berita
Sumbar Talenta Wakili Indonesia pada Festival Budaya dan Resepsi Diplomatik di Istanbul Turkey
Sumbar Talenta Wakili Indonesia pada Festival Budaya dan Resepsi Diplomatik di Istanbul Turkey

PADANG - Sumbar Talenta mewakili Indonesia pada Festival Budaya dan Resepsi Diplomatik di Istanbul Turkey pada 16-25 September 2024. Mereka akan tampil dua kali pertunjukan

Menurut Andha Zulfirman, Direktur Sumbar Talenta Indonesia Foundation (STIF), mereka membawa misi kebudayaan Minangkabau untuk mempromosikan Sumatera Barat. Karena itu konsep pertunjukan selalu mengangkat tema Enchanting of Minangkabau untuk menghibur masyarakat Indonesia di Turkey termasuk warga setempat agar terbawa suasana Minangkabau yang dinamis dengan tari randai pasambahan menyambut tamu, tari piring api, tari indang serta nyanyian minangkabau yang dibawakan anak-anak talenta dari berbagai angkatan yaitu Andha Zulfirman sendiri, Khoirunnisaa Mulya Sari, Bambang Hardyanto, Berita Aman Setia, Dinda Fadillah Afza, Aisyah Dedi Aurina, Yusuf Afrizal Hutauruk, Kartika Azana Putri, Lidia Utami dan dari Malaysia Umar Uzair bin Mohd Zin dan Ahmad Faridudin Burhanabadi.

Sumbar Talenta Indonesia (STI) sangat dilirik bagi para pemegang Event internasional, bahkan KBRI / Konjen di masing-masing negara. Setiap tahun YSTI mendapatkan undangan tersebut karena pengalaman dan kualitas pertunjukan STI sangat etnik dan tradisional, karena sudah lebih dari 40 kali pertunjukan dilakukan di berbagai negara Eropa, Asia, Australia dan Amerika. Pertunjukan yang ditampilkan sangatlah energik dan penuh dengan kemewahan pernah pernik Minangkabau dalam setiap penampilan. Tampilan kali ini lebih istimewa karena Sumbar Talenta Indonesia mengajak kolaborasi Artis dan Pemuisi Malaysia, Umar Uzair.

"Hal ini tentu menjadi perhatian atau sorotan KJRI mengundang kita tampil di Istanbul di hadapan atase kebudayaan berbagai negara untuk mempromosikan pariwisata dan budaya Minang Kabau di sana," ujar Andha bangga.

"Selain misi kebudayaan, STI juga membawa misi perdagangan UMKM. Beragam pernak pernik Minang, baju, selendang , saluak, deta dan kuliner khas minang akan kita tawarkan dalam Bazaar yang diselenggarakan Konsulat Jenderal".

Lebih lanjut Andha menyampaikan bahwa rombongan yang dipimpinnya sebanyak 12 orang yaitu, termasuk Sastri Bakry, founder Sumbar Talenta Indonesia.

"Sebuah kehormatan, delegasi Indonesia diundang makan siang bersama Konsul Jenderal RI di Abla, KJRI Istanbul, Karena itu kita akan promosikan dan berikan penghargaan berupa keris tradisional Minang kepada Konsul Jenderal, Darianto Harsono, dan Ida Darianto," ujar Andha menutup perbincangan sesaat keberangkatan dengan Emirates Arab di Bandara Soetta siang ini.

Sastri Bakry selaku founder Sumbar Talenta Indonesia tak lupa mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak sponsor yang memberi dukungan untuk keberangkatan Tim STI, yaitu, Indico Telkomsel Digital, Bank Nagari, PT Semen Padang, Anggota DPRD Albert Hendra Lukman, Dedi Panigoro dan Sanggar Sofyani. (*)

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini