Jokowi Bantah Buka Keran Ekspor Pasir Laut

×

Jokowi Bantah Buka Keran Ekspor Pasir Laut

Bagikan berita
Presiden Jokowi. (Foto: Oposisi Cerdas)
Presiden Jokowi. (Foto: Oposisi Cerdas)

SINGGALANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah hanya melakukan ekspor hasil sedimentasi di laut bukan pasir laut khususnya sedimentasi yang mengganggu alur masuknya kapal.

Presiden merespons implementasi peraturan pemerintah Nomor 26 Tahun 2023 tentang hasil pengelolaan hasil sedimentasi laut hingga revisi Peraturan Mendag Nomor 20 Tahun 2024 tentang barang yang dilarang ekspor.

Kini pemerintah resmi membuka kembali ekspor hasil sedentasi laut termasuk pasir laut.

Menurut Jokowi, yang diekspor adalah sedimentasi yang mengganggu alur jalannya kapal bukan pasir laut.

Diketahui, pasir laut adalah hasil sedimentasi alam.

Sebelumnya, pemerintahan era Megawati melarang total ekspor pasir laut sejak 2003 melalui surat keputusan Nomor 117 tahun 2003 tentang penghentian sementara ekspor pasir laut.

"Alasan pelarangan ekspor itu untuk mencegah kerusakan lingkungan yang lebih luas," katanya dilansir dari YouTube METRO TV, Rabu, 18 September 2024.

Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Panjaitan mengklaim, pemerintah telah berhitung secara teliti untuk mengantisipasi terjadinya kerugian yang ditimbulkan.

"Sekali lagi itu bukan pasir laut ya yang dibuka itu sedimen yang mengganggu alur jalannya kapal. Sekali lagi bukan, nanti kalau diterjemahkan pasir beda loh ya," katanya. (*)

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Metro TV
Bagikan

Berita Terkait
Terkini