Cara Utang Bisa Lunas Otomatis yang Galbay Pinjol Pasti Aman, Benarkah?

×

Cara Utang Bisa Lunas Otomatis yang Galbay Pinjol Pasti Aman, Benarkah?

Bagikan berita
Ilustrasi utang pinjol lunas otomatis.
Ilustrasi utang pinjol lunas otomatis.

Bahwa tidak ada rumus pasti yang akan membuat utang debitur lunas otomatis. Kuncinya cuma sabar, dan waktu yang akan menjawab.

"Jadi dalam selang waktu tersebut kita tidak boleh terlalu menunjukkan bahwa kita ini mempunyai potensi, atau peluang untuk membayar utang," katanya.

Narator menyarankan, jangan sampai nama Anda menjadi nama nasabah prioritas karena Anda akan diprioritaskan untuk terus ditagih.

"Karena Anda mempunyai peluang untuk bisa membayar utang-utang Anda," katanya.

Solusinya kata narator, tidak usah terlalu respon. Jangan terlihat takut, jangan selalu menanggapi pengalihan dari Debt Collector.

"Pasrah aja, ikhlas aja mau mereka kayak gimana biarkan saja," katanya.

Aturan AFPI

Dalam Lampiran III SK Pengurus AFPI 02/2020 poin C angka 3 huruf (d), tertulis setiap penyedia layanan pinjol memang dilarang untuk melakukan penagihan secara langsung kepada debitur atau peminjam uang secara langsung.

Bahwa setiap penyelenggara tidak diperbolehkan melakukan penagihan secara langsung kepada Penerima Pinjaman gagal bayar setelah melewati batas keterlambatan lebih dari 90 (sembilan puluh) hari dihitung dari tanggal jatuh tempo pinjaman.

Masa pinjol menagih utang pengguna layanan maksimal 90 hari. Tapi hal ini seringkali malah membuat pengguna layanan salah mengerti dan mengira utang-utangnya hangus secara otomatis.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Fintech.ID
Bagikan

Berita Terkait
Terkini