Tiga Tahun Transformasi FPK UNP, Hadir Jawab Kebutuhan Psikologi dan Kesehatan

×

Tiga Tahun Transformasi FPK UNP, Hadir Jawab Kebutuhan Psikologi dan Kesehatan

Bagikan berita
Dr. Suryanef, MSi
Dr. Suryanef, MSi

PADANG - Tak terasa sudah tiga tahun, Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Universitas Negeri Padang (UNP) hadir mewarnai dunia pendidikan tanah air. Dari dua prodi, kini fakultas itu telah memiliki lima program studi termasuk satu magister (S2) Psikologi.

Dekan FPK UNP. Dr. Suryanef, MSi., kepada Singgalang menuturkan, pada 21 September 2021, fakultas yang dipimpinnya resmi ditetapkan dengan dua bekal program studi, Prodi Psikologi dan Keperawatan. "Prodi Psikologi dulu berinduk ke Fakultas Ilmu Pendidikan dan Prodi Keperawatan berinduk ke Fakultas Ilmu Keolahragaan," sebutnya.

Seiring berjalan waktu, pada tahun 2023, Suryanef yang akrab disapa dengan panggilan Pak Yon ini berhasil menambah dua prodi lagi, yaitu Prodi S1 Keperawatan dan Prodi S1 Pendidikan Profesi Ners. Hanya saja, Prodi Pendidikan Profesi Ners baru akan diselenggarakan pada tahun 2025, karena Asesor LAN PTKes menyatakan, S1 Keperawatan paling tidak sudah berjalan selama empat semester , " terang pria yang turut andil membidani lahirnya Fakultas Kedokteran UNP itu.

Lalu pada akhir 2023, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UNP juga berhasil mendapatkan izin penyelenggaraan program Magister (strata 2/S2) Psikologi. Bahkan, di Sumatra Barat, baru FPK UNP yang sudah memiliki program S2 Psikologi mengungguli Fakultas Psikologi di perguruan tinggi lain yang sudah lebih dulu hadir. "Untuk magister ini, operasi penyelenggaraan akademiknya sudah berlangsung sejak semester Januari-Juni 2024," rincinya.

Sebagai orang nomor satu di FPK, pria yang hobi menyanyi dan sering menjadi master of ceremony (MC) itu menargetkan bisa pula membuka Prodi Pendidikan Profesi Psikologi. Hal ini dilakukan seiring hadirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Layanan Psikologi (PLP). "Saat ini, kita tengah mempersiapkan diri menyusun borang akademik untuk pengajuan program pendidikan profesi psikologi," tuturnya.

Editor : yuni
Bagikan

Berita Terkait
Terkini