Latihan dan Main Bareng ala Balance Bike Padang, Formula Permainan, Olahraga dan Pendidikan bagi Anak

×

Latihan dan Main Bareng ala Balance Bike Padang, Formula Permainan, Olahraga dan Pendidikan bagi Anak

Bagikan berita
Latihan dan Main Bareng ala Balance Bike Padang, Formula Permainan, Olahraga dan Pendidikan bagi Anak
Latihan dan Main Bareng ala Balance Bike Padang, Formula Permainan, Olahraga dan Pendidikan bagi Anak

PADANG -Balance Bike Padang Community, komunitas sepeda tanpa kayuh yang dimainkan balita dan anak-anak, bakal kembali menggelar latihan dan main bareng di pelataran parkir Kantor DPRD Sumbar, Sabtu (28/9) sore.

Irvan Jeha selaku Koordinator Balance Bike Padang Community mengatakan, latihan di pelataran parkir Kantor DPRD Sumbar pada Sabtu besok masuk minggu ketiga kegiatan latihan balap sepeda anak-anak dan balita ini diadakan di sana.

"Balance Bike Padang setiap akhir pekan rutin menggelar latihan dan main bareng. Sekali sebulan biasanya kami ganti tempat, dan di DPRD Sumbar ini sudah untuk latihan ketiga kalinya," kata Irvan.

Dia menyebutkan, selain di pelataran parkir Kantor DPRD Sumbar, Balance Bike Padang Community juga pernah menggelar latihan di Museum Adityawarman, Halaman RRI, Youth Center, pelataran Kedokteran Unand (Universitas Andalas), dan lapangan Fisip Unand dan di halaman Convention Hall Unand.

"Kami juga pernah latihan menggunakan pelataran Kantor PU Sumbar, Balaikota hingga bermain saat Car Free Day," kata Irvan yang mengatakan kalau sepeda tanpa kayuh ini bisa digelar dimana saja, asal memiliki lapangan yang bisa dibuatkan arena dan jalur sepeda keseimbangan ini.

Sudah hampir tiga tahun komunitas ini berdiri, dalam pandangannya, balance bike atau sepeda dengan model tanpa pengayuh ini memiliki banyak manfaat bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Tak hanya untuk melatih keseimbangan, mendorong pertumbuhan fisik, melatih syaraf motorik, tapi juga dalam hal mental, kepercayaan diri dan kemampuan anak lainnya bisa lebih meningkat dan terasah.

"Ada juga member sebelumnya yang anaknya mengalami speech delay, dengan ikut bermain balance bike, berdampak baik untuk kemampuan bicaranya. Anak aktif pun bisa lebih terarah. Anak yang rentan sakit bisa lebih fit dan terjaga kondisi tubuhnya," kata Irvan mengungkapkan manfaat bermain balance bike ini.

Anak-anak yang ikut tergabung dalam Balance Bike Padang Community ini, kata Irvan, berusia di rentang umur 2 sampai 9 tahun. Tak hanya seru bagi orangtua dan anak yang tergabung dalam komunitas sepeda keseimbangan ini, sesi latihan inipun juga seru untuk disaksikan oleh masyarakat. Apalagi ketika anak usia balita beradu cepat menuju garis finish.

Selain latihan dan main bareng yang digelar setiap minggunya, Balance Bike Padang Community juga pernah membuat kompetensi balance bike dua kali, satu bertajuk "Dinosaurace" pada 2023, kemudian "Independence Race" di 2024.

Sejak 2022 hingga sekarang, Irvan menyebutkan sudah ada sekitar 96 member yang terdaftar di komunitas sepeda itu, dengan 43 member diantaranya hingga kini masih aktif mengikuti sesi latihan dan main bareng.

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini