Jokowi Perintahkan ASN Pindah ke IKN Mulai Januari 2025

×

Jokowi Perintahkan ASN Pindah ke IKN Mulai Januari 2025

Bagikan berita
Presiden Jokowi. (Foto: Kemenpora)
Presiden Jokowi. (Foto: Kemenpora)

SINGGALANG - Presiden Jokowi memerintahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) pindah ke Ibukota Nusantara mulai Januari 2025.

Informasi itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas, Selasa, 8 Oktober 2024.

Ia menjelaskan, mulanya rencana pemindahan ASN ke IKN sempat dijadwalkan pada September 2024, dan diundur ke Oktober 2024.

Anas menyebutkan, presiden meminta pihaknya untuk membereskan ekosistemnya.

Sehingga menurut Anas, Kemenpan RB segera mempersiapkan insentif untuk ASN yang akan pindah ke IKN mulai Januari 2025 mendatang. Hal itu juga termasuk menyiapkan sejumlah keperluan selanjutnya.

"Lalu untuk mempersiapkan kepindahan tersebut Kemenpan RB akan menyelesaikan berbagai persiapan," katanya dilansir dari YouTube Kompascom Reporter on Location, Rabu, 9 Oktober 2024.

Sebelumnya, Anas mengatakan, Kemenpan RB sebenarnya sudah siap terkait pemindahan ASN ke IKN Kalimantan Timur hanya saja Presiden Jokowi meminta kondisi di lapangan lebih disempurnakan.

"Salah satunya karena akses jalan di IKN yang disebut masih berdebu," katanya.

Ia lantas menjelaskan, sebenarnya saat ini lebih dari 500 unit apartemen untuk hunian ASN sudah selesai dibangun namun sistem digital di IKN perlu dituntaskan persiapannya.

"Kondisi jalan yang berdebu perlu ditangani lebih lanjut supaya lebih rapi sehingga jika seluruh kondisi sudah lebih siap para ASN bisa segera pindah ke IKN," katanya.

Editor : RC 014
Sumber : YouTube Kompascom Reporter on Location
Bagikan

Berita Terkait
Terkini