Buku Peraih Nobel Sastra 2024, Ludes

×

Buku Peraih Nobel Sastra 2024, Ludes

Bagikan berita
Han Kang (foto guardian).
Han Kang (foto guardian).

Padang, Singgalang -Buku novel Vegetarian, karya Han Kang dari Korea, ludes. Ia baru saja diumumkan meraih Hadiah Nobel 2024.

“Stok habis, Pak,” kata petugas toko buku Gramedia, Padang, Minggu (13/10).

Dari 10 buku terlaris saat ini di toko buku terkemuka Kyobo, Korea, sembilan di antaranya adalah buku karya Han pada Jumat pagi, habis.

VOA Indonesia melaporkan, warga Korea Selatan berbondong-bondong mendatangi toko buku pada Jumat (11/10) dan membanjiri situs web untuk membeli buku karya novelis Han Kang di negara asalnya. Akibatnya, berbagai situs web penjualan buku sempat mogok (crash). Kegaduhan itu terjadi setelah novelis itu mendapatkan kemenangan tak terduga, Penghargaan Nobel Sastra 2024.

Bahasanya halus, indah dan menikam. prosa puitisnya yang memperlihatkan kerapuhan kehidupan manusia dan intens dalam menghadapi trauma sejarah. Novel ditulis dalam Bahasa Korea.

Prasa kemanusiaannya itulah yang ada dalam buku Vegetarian dan memenangkan banyak kategori. Akhirnya 2024, memenangkan Hadiah Nobel.

Ini pertama kalinya seorang warga Korea menerima Penghargaan Nobel Sastra, jadi saya merasa takjub," kata Yoon Ki-heon, seorang pengunjung berusia 32 tahun di sebuah toko buku di pusat kota Seoul.

"Korea Selatan memiliki prestasi yang buruk dalam memenangi Penghargaan Nobel, jadi saya terkejut dengan berita bahwa (seorang penulis) buku non-Inggris, yang ditulis dalam bahasa Korea, memenangi hadiah sebesar itu."

Singgalang mencoba cari buku Han Kang yang meraih Nobel, ternyata habis. Di sebuah situs jualan online disebut, “pesan sekarang, dikirim 7 hari lagi.”

Pada 2023 lalu, Hadiah Nobel Sastra jatuh pada penulis asal Norwegia. Jon Fosse, seorang penyair dan dramawan.

Editor : MELDA RIANI
Bagikan

Berita Terkait
Terkini