Areal Pertanian di Padang Makin Berkurang

×

Areal Pertanian di Padang Makin Berkurang

Bagikan berita
Areal Pertanian di Padang Makin Berkurang
Areal Pertanian di Padang Makin Berkurang

Guna untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti beras misalnya, tetap masih bergantung dengan daerah tetangga seperti Solok, Pesisir Selatan, Pariaman, Tanah Datar dan daerah lainnya.

Bila ditanya persoalan air atau irigasi, di Kota Padang masih cukup tersedia dan aman. Apalagi beberapa waktu belakangan ini, curah hujan masih cukup tinggi di Kota Padang.

Menurut Yoice, produktivitas lahan sawah di Kota Padang, 5,2 ton/ hektar.

Selanjutnya, berkaitan dengan jumlah petani di Kota Padang saat ini tercatat sebanyak 15 ribu Kepala Keluarga. Kemudian, memang sudah muncul petani milenium namun masih dalam koridor petani hidroponik.

"Petani millenial belum merambah ke lahan sawah. Mereka masih banyak menjadi petani tanaman hidroponik. Namun, ke depan kita tetap mengarahkan mereka untuk bisa terjun ke bidang persawahan," ujar Yoice.

Ditambahkannya, berkaitan dengan pupuk bersubsidi masih tersedia cukup di Kota Padang. Memang diawal tahun 2024, terjadi kekurangan pupuk bersubsidi karena hanya 30 persen dari kebutuhan diberikan oleh Kementrian Pertanian untuk Sumbar. Setelah itu, kuota pupuk bersubsidi di Sumbar dan Kota Padang khususnya hingga saat ini sudah normal kembali. (wal)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini