Aqua Dwipayana Goes to Unand: Guncang Semangat Gen Z

×

Aqua Dwipayana Goes to Unand: Guncang Semangat Gen Z

Bagikan berita
Aqua Dwipayana Goes to Unand: Guncang Semangat Gen Z
Aqua Dwipayana Goes to Unand: Guncang Semangat Gen Z

PADANG - Merayakan ulang tahun ke-17 Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas dan Jurnal Ranah Komunikasi (JRK) menyelenggarakan seminar inspiratif bertajuk 'Mengoptimalkan Potensi Gen Z: Sinergi Pendidikan Karakter di Dunia Kampus'. Acara ini menghadirkan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional ternama, Dr. Aqua Dwipayana, M.Ikom dan berlangsung secara luring di lantai 5 Perpustakaan Universitas Andalas, Kamis (24/10/2024). Kegiatan diikuti dengan antusias oleh hampir 500 peserta dari berbagai universitas di Kota Padang.

Diprakarsai oleh Editor-in-Chief JRK, Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si dan berkolaborasi dengan Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Unand, acara motivasi itu membahas pentingnya pendidikan karakter di kampus yang dirancang sesuai dengan ciri khas Gen Z. Dr. Aqua, yang dikenal dengan pendekatan komunikasinya yang interaktif dan penuh semangat, mengajak para peserta untuk mengembangkan karakter yang tangguh guna menghadapi tantangan global di dunia kerja.

Dalam paparannya yang dimoderatori oleh Robi Jaya Putra, S.Pd, M.Ikom, CPR, Aqua mengulas tentang pentingnya pemahaman karakter Gen Z yang cenderung adaptif terhadap teknologi dan membutuhkan apresiasi.

"Pendidikan karakter di kampus harus menekankan keterampilan sosial dan emosional yang akan sangat penting di lingkungan profesional," ujarnya.

Merayakan ulang tahun ke-17 Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas dan Jurnal Ranah Komunikasi (JRK) menyelenggarakan seminar inspiratif bertajuk 'Mengoptimalkan Potensi Gen Z: Sinergi Pendidikan Karakter di Dunia Kampus'. Acara ini menghadirkan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional ternama, Dr. Aqua Dwipayana, M.Ikom dan berlangsung secara luring di lantai 5 Perpustakaan Universitas Andalas, Kamis (24/10/2024).
Dr. Aqua Dwipayana usai memberikan seminar motivasi dalam rangka HUT ke 17 Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas dan Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), Kamis (24/10/2024), di lantai 5 Perpustakaan Universitas Andalas. (ist)

Ia juga menekankan bahwa kolaborasi dengan dosen, aktivitas ekstrakurikuler, dan pemanfaatan teknologi adalah cara efektif untuk membangun karakter Gen Z, mengajarkan growth mindset, dan mengembangkan empati serta tanggung jawab sosial.

Melalui gaya berceramah yang santai, mudah dipahami, dan relatable, Aqua membagikan pengalaman hidupnya sebagai contoh nyata pentingnya komunikasi efektif, kerja keras, dan ketekunan. Dengan gaya motivasi yang energik, ia mendorong para peserta untuk tidak hanya mendengarkan, tetapi juga aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, sehingga suasana acara menjadi dinamis dan penuh antusiasme.

"Sinergi antara JRK dan Departemen Ilmu Komunikasi ini bertujuan mencetak generasi yang kompeten dan berkarakter kuat untuk menjawab tantangan di era globalisasi. Acara ini menjadi inspirasi bagi para mahasiswa, membuka wawasan tentang peran pendidikan karakter dalam mempersiapkan Gen Z menghadapi dunia kerja yang penuh persaingan," ujar Elva Ronaning Roem. (rn/*)

Editor : MELDA RIANI
Bagikan

Berita Terkait
Terkini