1.659 Pendaftar Ikuti Seleksi Petugas Haji di Sumbar

×

1.659 Pendaftar Ikuti Seleksi Petugas Haji di Sumbar

Bagikan berita
1.659 Pendaftar Ikuti Seleksi Petugas Haji di Sumbar
1.659 Pendaftar Ikuti Seleksi Petugas Haji di Sumbar

Padang - Proses rekrutmen calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk musim haji 1446 H/2025 M telah dimulai. Sebanyak 1.659 pendaftar tercatat sebagai calon petugas haji tahap pertama, tersebar di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten/kota serta Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sumbar, Ramza Husmen, menyampaikan bahwa pendaftaran berlangsung sejak 7 hingga 15 November 2024 melalui aplikasi petugas haji Kemenag. Para pendaftar berasal dari berbagai unsur, termasuk ASN Kemenag, Kementerian/Lembaga, dan organisasi masyarakat (ormas) Islam.

“Sebanyak 1.659 calon telah menyelesaikan pendaftaran pada 15 November 2024. Mereka akan bersaing untuk mengisi kuota PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi,” ujar Ramza dalam keterangan persnya, Senin (18/11/2024).

Proses Seleksi dan Kuota

Saat ini, proses verifikasi dokumen tengah berlangsung di tingkat kabupaten/kota dan Kanwil. Ramza berharap seluruh calon yang telah mendaftar dapat lolos tahap verifikasi dan mengikuti ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT) pada tahap pertama.

Sumatra Barat mendapatkan kuota sebanyak 29 petugas haji untuk tahun 2025, yang terdiri dari26 petugas kloter (13 ketua kloter dan 13 pembimbing ibadah) dan3 petugas PPIH Arab Saudi, mencakup pembimbing ibadah, petugas akomodasi, dan pembimbing ibadah tambahan.

Ujian tahap pertama akan diselenggarakan pada 21 November 2024 di 20 lokasi, meliputi 19 Kantor Kemenag kabupaten/kota dan satu lokasi di Kanwil Kemenag Sumbar.

“Dari 1.659 peserta, sebanyak 58 orang yang lolos seleksi tahap pertama akan melanjutkan ke tahap kedua, yang meliputi ujian CAT lanjutan dan wawancara pada 5 Desember 2024,” tambah Ramza.

Ramza menegaskan bahwa seleksi bertujuan untuk melahirkan petugas haji yang memiliki integritas, kompetensi, dan dedikasi tinggi. Petugas terpilih diharapkan dapat memberikan pelayanan yang ramah dan profesional, sesuai dengan tagline “Ramah Lansia dan Ramah Disabilitas”.(r)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini