KAI Divre II Sumbar Catat Rekor Penumpang pada 1 Januari

×

KAI Divre II Sumbar Catat Rekor Penumpang pada 1 Januari

Bagikan berita
KAI Divre II Sumbar Catat Rekor Penumpang pada 1 Januari
KAI Divre II Sumbar Catat Rekor Penumpang pada 1 Januari

Padang -PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) mencatat jumlah penumpang mencapai 7.096 orang pada 1 Januari 2025. Angka ini menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 42% dibanding rata-rata harian di bulan November 2024 yang hanya mencapai 4.995 penumpang per hari.

KAI menetapkan masa libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) selama 18 hari, dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Pada periode ini, puncak arus penumpang terjadi pada Minggu, 29 Desember 2024, dengan total 7.473 penumpang.

“Secara keseluruhan, KAI Divre II Sumbar mencatat hingga hari ke-14 masa angkutan Nataru 2025, yaitu dari 19 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025, terdapat 92.710 penumpang, atau rata-rata 6.622 penumpang per hari,” ujar Kahumas KAI Divre II Sumbar, M. As’ad Habibuddin, Kamis (2/1).

Selama masa angkutan Nataru, berikut rincian jumlah penumpang yang tercatat pada masing-masing layanan kereta api: KA Pariaman Ekspres (relasi Pauh Lima/Padang – Naras PP): 64.564 penumpang. KA Minangkabau Ekspres (relasi Bandara Internasional Minangkabau – Pulau Air PP): 21.642 penumpang. KA Lembah Anai (relasi Duku – Kayu Tanam PP): 6.504 penumpang.

Stasiun Padang menjadi stasiun favorit dengan total penumpang 50.093 orang, diikuti Stasiun Pariaman (37.830 penumpang), Stasiun BIM (16.530 penumpang), Stasiun Air Tawar (15.559 penumpang), dan Stasiun Duku (11.796 penumpang). Dari sisi ketepatan waktu, keberangkatan kereta api mencapai 100%, sementara ketepatan waktu kedatangan mencapai 99,7%.

Setiap harinya, terdapat 8 perjalanan KA Pariaman Ekspres (tarif Rp5.000 sekali jalan). 12 perjalanan KA Minangkabau Ekspres (tarif Rp10.000 sekali jalan). 6 perjalanan KA Lembah Anai (tarif Rp3.000 sekali jalan).

M. As’ad Habibuddin mengimbau masyarakat untuk merencanakan perjalanan dengan matang dan memanfaatkan aplikasi Access by KAI untuk pemesanan tiket sejak H-7 keberangkatan. Tiket juga masih tersedia di loket 3 jam sebelum keberangkatan, selama kuota mencukupi.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata As'ad. Ia juga mengingatkan pelanggan untuk menjaga ketertiban, memperhatikan barang bawaan, dan tidak membawa barang terlarang seperti yang berbau menyengat atau berbahaya.

KAI Divre II Sumbar terus mendukung masyarakat untuk menjadikan kereta api sebagai pilihan transportasi andalan selama periode liburan maupun kebutuhan sehari-hari. (ys)

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini