Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat, Kantah Padang Launching Layanan Peralihan Elektronik dan KJSB

×

Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat, Kantah Padang Launching Layanan Peralihan Elektronik dan KJSB

Bagikan berita
Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat, Kantah Padang Launching Layanan Peralihan Elektronik dan KJSB
Maksimalkan Pelayanan ke Masyarakat, Kantah Padang Launching Layanan Peralihan Elektronik dan KJSB

Nomor satu di luar Jawa

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Padang, Rivaldi, S.SiT, MM., QRMP., mengatakan, Kantah Padang merupakan Kantah ke-35 secara nasional yang mengimplementasikan Layanan Peralihan Elektronik. Sedangkan untuk Pelayanan Langsung Masyarakat (PSM) dengan kehadiran KJSB merupakan yang pertama di luar Pulau Jawa.

Bersama jajarannya Rivaldi optimis, pelaksanaan layanan peralihan elektronik bisa berjalan maksimal di tangan jajarannya yang mumpuni. "Sebenarnya kita bukan Kantah yang didaftarkan untuk implementasi Layanan Peralihan Elektronik, tapi dengan dorongan dan dukungan Pak Kakanwil, kami mengajukan diri," terangnya.

Diharapkannya dengan layanan peralihan eleltronik ini pelayanan ke masyarakat makin maksimal dan lebih cepat karena tak semua pelayanan dilaksanakan tatap muka. "Dengan layanan ini, nanti pelayanan jadi lancar, sistem antrian jadi lebih tertib, karena masyarakat atau PPAT (pejabat pembuat akta tanah-Red) yang berurusan ke BPN, nantinya cuma mengantar berkas. Surat Perintah Setor dan pembayaran semua dilakukan sendiri, dicetak sendiri. Jadi lebih cepat," terangnya lagi.

Terkait Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) disampaikannya adalah pihak ketiga yang dapat dimanfaatkan jasanya oleh masyarakat untuk pendaftaran sampai dengan pembuatan peta bidang tanah. Meski sudah menjadi ketetapan di Kementerian ATR BPN, namun penggunaan jasa pihak ketiga ini masih menjadi pilihan. (Y)

Editor : yuni
Bagikan

Berita Terkait
Terkini