Tak Berkategori  

Berkat Kerja Sama, Kemenag dan Pemkab Dharmasraya Sukses Berangkatkan JCH 2022

JCH Kabupaten Dharmasraya tahun 2022 dilepas Bupati Sutan Riska. (ist)

Oleh: Sri Lestari Nengsih_ Mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi Unand

Selasa (07/06/2022), jemaah haji Kabupaten Dharmasraya dilepas secara resmi oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan didampingi Plh. Kepala Kankemenag Dharmasraya Zulhendri, S.Ag di Masjid Babussalam Pulau Punjung. Pada kesempatan itu diserahkan bendera kabupaten dari bupati kepada Pembimbing Ibadah (TPIHI) Kloter 5 H. Hamid Arwani. S.Ag.MA yang juga sebagai Kepala Sub.Bagian Tata Usaha Kemenag Dharmasraya yang lulus sebagai Petugas Haji Tahun 2022 ini.

Turut hadir dalam acara, Ketua DPRD, Asisten, Sekda,, Staf ahli, Kapolres, Kepala SKPD, Kepala Kejaksaan Negeri Pulau Punjung, Ketua MUI, Pimpinan BPS-BIPIH, Kepala KUA dan Kepala Madrasah.

Kerja sama yang baik akan menjadikan pekerjaan seberat apapun akan menjadi ringan. Begitulah yang terjadi di Kabupaten Dharmasraya dengan adanya kerja sama yang baik antara Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya dengan Pemerintah Daerah dan semua pihak yang terlibat dengan urusan pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH). Terbukti terlaksananya pemberangkatan dengan sukses dan lancar tanpa hambatan.

JCH berangkat dengan bus eksekutif yang sudah disediakan serta makan dan minum jemaah ditanggung oleh Pemda karena dana pemberangkatan haji sudah dianggarkan oleh pemda melalui bagian kesra. Sehingga, Kemenag Kabupaten Dharmasraya fokus menangani pengurusan kelengkapan administrasi jemaah dan melakukan kegiatan bimbingan manasik haji gabungan di kabupaten serta manasik haji kecamatan dengan melibatkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barta, Kepala Kantor Kementerian Agama Dharmasraya, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kepala KUA, Tenaga Kesehatan dari puskesmas serta pembimbing ibadah haji yang kompeten.

JCH pada tahun 2022 ini semestinya berangkat ke tanah suci tahun 2020, tapi karena pandemi maka keberangkatan ditunda 2 tahun. Dan, bagi JCH yang akan berangkat dipastikan sudah divaksin oleh tenaga kesehatan dari puskesmas. Pada waktu keberangkatan JCH ke embarkasi serta pulang dari tanah suci didampingi juga oleh tim pemberangkatan dan pemulangan terdiri dari petugas kesehatan, pegawai kemenag, staf kesra, Satpol PP, Perhubungan, serta anggota Polri. Semoga kerja sama yang baik hendaknya selalu tetap terjalin untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Dharmasraya, terutama di bidang keagamaan.

JCH Kabupaten Dharmasraya tahun ini berjumlah 158 orang. Tergabung dalam kloter 5 sebanyak 148 orang, 83 orang wanita, 65 orang pria dan kloter 8 sebanyak 10 orang, 6 orang wanita, 4 orang pria. Jemaah yang tergabung dalam kloter 5 masuk asrama embarkasi hari ini, Selasa (7/6)  pukul 17.00 Wib dan akan terbang ke Arab Saudi besoknya, Rabu 8 Juni 2022 pukul 19.15 WIB. Sedangkan yang tergabung dalam kloter 8 akan masuk asrama embarkasi tanggal 1 Juli, dilanjutkan terbang ke Arab Saudi besoknya tanggal 2 Juli 2022.

Dalam sambutan, Bupati berpesan, agar mulai saat ini untuk dapat memasangkan niat melaksanakan haji karena Allah semata, untuk memenuhi panggilanNya, agar dapat mendekatkan diri kepada Allah dan mengharap ridhaNya. Bupati juga menghimbau agar tetap jaga kekompakan dimana saja berada. Jangan ada terjadi perselisihan, selalu menjaga persatuan. Contohlah kekompakan yang solid, seperti halnya Kementerian Agama dengan Pemda sampai saat ini, pesan bupati. (*)