oleh

Beruang Masuk Kampung, Warga Kampuang Guo Resah

Ilustrasi (net)

PADANG – Warga di RT 03 RW 06 Kampung Guo, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji diresahkan oleh kehadiran beruang yang mulai masuk ke perkampungan.

Menurut warga setempat, Syarbaini mengatakan dalam beberapa hari belakangan kemunculan beruang itu cukup meresahkan.

“Hasil kebun seperti rambutan dan lainnya habis dimakan beruang itu. Akibatnya banyak warga merasa terganggu, karena hasil kebun merupakan penghasilan tambahan bagi warga setempat,” katanya, Jumat (8/2/2019).

Dia mengatakan, banyak warga yang melihat beruang itu turun dekat SD 23 Kuranji di sore atau malam hari. “Paginya nampak oleh masyarakat beruang itu lari ke rimba,” uharnya menambahkan.

Dia mengatakan, takutnya nanti bisa memakan korban baik orang dewasa maupun anak-anak. “Masyarakat juga takut untuk menembak atau memburu beruang itu, karena itu hewan yang dilindungi,” ujarnya.

Tokoh masyarakat setempat yang juga anggota DPRD Padang Muzni Zen mendesak pihak BKSDA untuk segera menyikapi persoalan beruang itu.

“Jangan sampai nanti masyarakat dengan terpaksa memburunya, sehingga masyarakat justru kena pidana karena melanggar UU perlindungan hewan,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihak BKSDA tentu tahu cara menangkap beruang itu untuk dipindahkan ke hutan yang jauh dari perkampungan penduduk. (bambang)

Berita Terkait