Tak Berkategori  

Besok, Padang Panjang Mulai Lakukan Vaksinasi Tahap Dua

Vaksin

PADANG PANJANG – Sukses dengan vaksinasi tahap I, Kota Padang Panjang akan melaksanakan vaksinasi tahap II, mulai Kamis (4/3) besok. Vaksinasi tahap II ditargetkan untuk 3.250 sasaran.

“Untuk Polres beserta jajaran akan dilaksanakan Kamis dan Sabtu (6/3/2021) di aula Mifan. Untuk Secata B dijadwalkan Jumat (5/3) dan Sabtu di Markas Secata B. Sedangkan Brimob, pelaksanaannya di Markas Brimob, selesai satu hari saja di hari Kamis itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang, Selasa (2/3/2021).

Ditambahkannya, vaksinasi dilanjutkan minggu depan dengan sasaran 40 personel Koramil Padang Panjang, Batipuah, X Koto. Kemudian, menyasar pelayan publik lainnya seperti ASN, BUMN/BUMD. Sementara untuk lanjut usia (lansia), baru diutamakan di ibukota provinsi, sedang di Padang Panjang belum dijadwalkan.

Ia menyebutkan, vaksin sinovac itu sudah dijemput dari gudang Dinkes Sumbar dan dibawa ke Padang Panjang dengan pengawalan ketat polisi, Senin (1/3). Sebanyak 650 box dengan isi 10 vial per box vaksin Sinovac ini, berbeda dengan vaksin Sinovac tahap I yang hanya diperuntukkan satu kali suntik.

“Satu vial vaksin Sinovac tahap II ini bisa untuk 8-10 kali penyuntikan. Berarti 650 vial ini bisa untuk 6.500 kali suntikan. Dengan satu orang mendapatkan dua kali vaksinasi, maka vaksinasi tahap II ini bisa untuk 3.250 orang sasaran,” paparnya.

Dengan akan dilaksanakannya vaksinasi tahap II ini, dia menimbau kepada sasaran vaksin untuk tidak perlu cemas dan takut mengikuti vaksinasi. Vaksin aman dan halal serta belum ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) terjadi di Padang Panjang. “Mari kita lawan Covid-19 dengan vaksin,” ajaknya. (Jas)