oleh

Besok, Peradi Padang-Pemkab Mentawai Teken MoU

PADANG – Hari ini, Selasa (10/9), Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Padang meneken kerjasama (MoU) dengan Pemkab Kepulauan Mentawai terkait pelaksanaan Pendidikan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).

Penandatangan kerjasama ini akan dilakukan di sela-sela pelantikan dan pengambilan sumpah 77 advokat baru di Hotel Axana Padang. “Ini sejarah, pertama Peradi bekerjasama dengan Pemkab yang memfasilitasi warganya ikut PKPA,” ujar Sekjen DPN Peradi, Hasanuddin Nasution.

Pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama tersebut. “Bagaimana tidak, Pemkab bersedia memfasilitasi warganya untuk menjadi penegak hukum yang akan memperjuangkan masyarakatnya mencari keadilan,” katanya.

Pihaknya selama ini cukup banyak melakukan kerja sama dengan instansi/lembaga lainnya, termasuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Tetapi sebagian besar dalam rangka memfasilitasi staf atau jajaran masing-masing dalam hal pendidikan advokat. “Baru di sini bupati bersedia memfasilitasi warganya,” lanjutnya.

Ketua DPC Peradi Padang, Hanky Mustav Sabarta menjelaskan, Pemkab Mentawai akan menfasilitasi warganya yang sarjana hukum untuk mengikuti PKPA yang digelar Peradi Padang hingga yang bersangkutan dilantik sebagai advokat.

“Pendidikan advokat, pemagangan, ujian profesi advokat hingga dilantik jadi advokat,” ulasnya didampingi Sekretaris DPC Peradi Padang, Martry Gilang Rosadi.

Terkait pelantikan 77 advokat baru, Martry menjelaskan, mereka sudah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), lulus ujian profesi advokat dan magang di kantor pengacara selama dua tahun. (arief)

Loading...

Berita Terkait