oleh

Betty Shadiq Maju untuk Pilkada Tanah Datar

PADANG – Betty Shadiq Pasadigue memutuskan maju di Tanah Datar sebagai calon bupati pada pilkada mendatang. Menurut rencana istri mantan Bupati Tanah Datar dua kali periode itu akan maju melalui jalur perseorangan.

“Saya melihat sekarang ini ada kesempatan bagi saya untuk menjadi kepala daerah. Banyak pula yang mendukung saya untuk maju di kampung halaman,” ujar Betty, Rabu (11/9).

Menurutnya, di provinsi lain dengan garis keturunan patrilineal banyak perempuan yang menjadi kepala daerah. Seperti Jawa Timur, dipimpin gubernur dan walikota perempuan. Apalagi Sumbar dengan garis keturunan matrilineal, satu-satunya di dunia. Namun belum ada perempuan yang memimpin Ranah Minang.

“Faktor garis keturunan matrilineal menjadi salah satu pendorong lainnya, bagi saya untuk maju pada Pilkada di Tanah Datar,” ujarnya.

Untuk maju sebagai orang nomor satu di Tanah Datar, Betty mengatakan sama saja dengan persiapannya, ketika dia maju sebagai anggota legislatif tingkat pusat. Alasannya karena pemilihan langsung oleh masyarakat.

“Ketika maju menjadi kepala daerah, tentu masyarakat harus kenal dengan calon pemimpinnya. Lalu mereka yakin terhadap orang yang akan mereka pilih,” terang Betty, yang kini masih aktif di legislatif pusat.

Untuk kendaraan maju sebagai orang nomor satu di Luhak Nan Tigo, Betty mengaku tak punya partai. Meski saat maju sebagai legislatif dia didukung Partai Golkar.

“Insyaallah maju melalui jalur perseorangan. Namun jika pun ada partai yang mendukung pasti akan dipertimbangkan,” ujarnya Betty Shadiq.

Dalam pandangan Betty, kondisi di daerah saat ini sangat memprihatinkan. Misalnya petani banyak yang susah, narkoba dan LGBT merajalela. Itu semua menjadi pemicu baginya untuk pulang, kembali membangun kampung setelah lima tahun hidup di ibukota.

“Banyaknya persoalan yang terjadi sekarang, khususnya remaja. Ini harus menjadi perhatian semua pihak. Sebab mereka adalah tonggak estapet di masa akan datang. Ketahanan keluarga harus diperkuat untuk menghindari remaja dengan berbagai prilaku negatif,” ulasnya.

Untuk pemberantasan narkoba Betty, mengapresiasi kinerja Polri. Ini dibuktikan banyaknya aksi pengedar narkoba yang ditangkap aparat keamanan tersebut. (yuke)

 

Loading...

Berita Terkait