Tak Berkategori  

Biarkan Anak Menjelajahi Rasa Ingin Tahu Sendiri

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

JAKARTA – Pengamat pendidikan anak Erick Tan, mengatakan hal terbaik dalam mendidik anak adalah dengan cara memberi pengalaman belajar langsung kepada anak itu sendiri.

“Anak akan mudah menyerap suatu ilmu atau informasi jika mereka sudah melakukannya sendiri atau diperlihatkan langsung tanpa banyak teori,” katanya.

Manager Umum Da Vinci Learning The Educational Channel ini berpendapat, mendidik anak tidak harus berada di dalam kelas dan mendengarkan pengarahan, tapi bisa saja memberi kesempatan pada anak untuk mencobanya terlebih dulu.

“Anak-anak mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, maka biarkan mereka menjelajahi rasa keingintahuannya sendiri,” tuturnya.

Jika anak sudah pernah melakukannya, biasanya dia akan mengingat baik-baik bagaimana langkah-langkah pertama mereka akan mengerjakan sesuatu.

Praktik menjadi salah satu kunci mempermudah untuk mendidik anak, khususnya anak-anak di Indonesia yang sangat unik.

“Indonesia memiliki anak-anak yang kreatif dan semangat belajarnya lebih bagus dari beberapa negara tetangga, dengan modal itu cara pembelajaran yang tepat bisa menjadikan mereka anak cerdas,” tuturnya.

Jika mengajarkan anak-anak dengan praktek mengalami kendala bisa memakai cara alternatif yaitu melalui tayangan audio-visual.

“Melalui video juga bisa memberikan pengalaman yang bagus bagi anak, karena terkadang praktek langsung juga terkendala dengan sarana prasarana,” tutur Erick.

Bisa sekali-kali anak diajak turun langsung ke lapangan untuk menghadapi permasalahan langsung, dengan begitu proses interaksi serta komunikasi akan terjalin antara orang dewasa dan anak-anak. (*/aci)

sumber:antara