Biaya Rp10 Ribu, Polres Sawahlunto Buka Layanan SKCK Keliling

×

Biaya Rp10 Ribu, Polres Sawahlunto Buka Layanan SKCK Keliling

Sebarkan artikel ini
Mapolres Sawahlunto (net)
Mapolres Sawahlunto (net)

SAWAHLUNTO – Polres Sawahlunto menerapkan layanan keliling pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di tempat-tempat umum, sekolah dan kawasan perkantoran, setiap Rabu dan Kamis.

Kasat Intelkam Polres Sawahlunto, AKP Zamzami di Sawahlunto, Minggu (24/5) mengatakan inovasi layanan tersebut ditujukan guna memberi kemudahan bagi masyarakat.

Sekaligus, menyosialisasikan sektor layanan publik yang menjadi salah satu penugasan kepada pihaknya, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2010, tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak (PNBK) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Dalam aturan tersebut dengan tegas menyatakan biaya yang dikenakan ketika mengurus SKCK sebesar Rp 10.000, dana tersebut disetorkan ke kas negara dan dicatat sebagai penerimaan,” kata dia.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan layanan publik tersebut, jajarannya diawasi oleh pihak Satuan Penugasan (Satgas) Pemberantasan Percaloan Dokumen Kepolisian, sebagai salah satu unit khusus yang dibentuk guna mendukung program kerja 100 hari Kapolri, Jenderal Polisi Badrodin Haiti.