Tak Berkategori  

BMKG Deteksi 33 Titik Panas di Riau

PEKANBARU – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi lonjakan titik panas, yang mengindikasikan adanya kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau, Selasa (7/6).

“Dari pencitraan satelit Terra dan Aqua pukul 16.00 WIB, terdapat 33 titik panas di 8 Kabupaten di Riau,” kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin.

Seluruh titik panas tersebut terpantau di Pelalawan 11 titik, Siak dan Indragiri Hilir 6 titik. Selanjutnya di Kampar 3 titik, Kuantan Singingi 2 titik serta Indragiri Hulu 2 titik. Sejumlah titik panas lainnya tersebar di Bengkalis dan Meranti 1 titik.

Meski terpantau 33 titik panas, Sugarin mengatakan hanya satu titik yang dipastikan sebagai titik api yang mengindikasikan kebakaran lahan dan hutan dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen.

“Satu titik api terdeteksi berada di Bengkalis yang terpantau di Kecamatan Bukit Batu,” lanjutnya.

Keberadaan titik panas di Riau cenderung fluktuatif dalam beberapa pekan terakhir. Pekan lalu, keberadaan titik panas mencapai 15 titik, dan pada awal pekan ini, keberadaan titik panas cenderung menurun. Pada Selasa pagi tadi, hanya terpantau 8 titik panas, dan kembali melonjak tajam pada sore hari.(aci)

sumber:antara