Tak Berkategori  

BNPB dan BMKG Minta Warga Waspadai Puting Beliung Saat Pancaroba

Ilustrasi (okezone.com)
Ilustrasi (okezone.com)

JAKARTA – Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Sutopo Purwo Nugroho meminta masyarakat untuk berhati-hati terhadap ancaman bencana puting beliung pada masa peralihan musim kemarau ke penghujan atau pancaroba.

“Saat ini sebagian wilayah Indonesia, seperti di Jawa, Sumatera bagian Selatan, Bali, sebagian Kalimantan dan Sulawesi berada pada masa pancaroba atau peralihan dari kemarau ke penghujan,” kata Sutopo lewat keterangan persnya.

Saat pancaroba puting beliung sering terjadi menjelang hujan turun. Kejadian ini ditandai dengan cuaca yang panas dan dalam waktu tidak lama kemudian berubah menjadi mendung lalu timbul angin kencang dan hujan deras.

Senada, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya meminta masyarakat agar bersiap dengan segala kemungkinan merugikan dari masa pancaroba.

“Terjadi peningkatan pasokan uap air di wilayah Indonesia yang menimbulkan potensi hujan beragam. Hal ini merupakan indikasi terjadinya peralihan musim kemarau ke musim hujan. Masyarakat agar mempersiapkan diri,” kata Andi.

Masyarakat perlu mengantisipasi sejumlah perubahan suhu dan cuaca yang dapat merugikan kesehatan. Salah satu sebabnya, cuaca yang cenderung berubah secara mendadak sehingga secara langsung atau tidak, dapat mempengaruhi kebugaran dan ketahanan tubuh.(aci)

sumber:antara