Tak Berkategori  

Bono Isyaratkan U2 Akan Pensiun

u2. (okezone)
u2. (okezone)

BERLIN – Bono mengungkapkan, band U2 bisa bubar kapan saja dalam waktu dekat! Kemungkinan itu diungkapkan vokalis band asal Irlandia tersebut dalam penampilan terakhir mereka di tur ‘Experience + Innocence’ di Mercedes-Benz Arena, Berlin, Jerman.

“Kami telah menjalankan tur untuk beberapa lama -tepatnya sekitar 40 tahun- dan dalam 4 tahun terakhir menjadi pengalaman spesial bagi kami. U2 siap mundur sekarang,” kata Bono seperti dikutip dari The Irish Post, Minggu (18/11/2018).

Sebelumnya, musisi bernama asli Paul David Hewson itu menyiratkan tur terakhir U2 dalam wawancaranya bersama Chrissy Iley dari The Sunday Times Magazine. Bono menyebut, tur sudah seperti ‘candu’ bagi personel U2.

“Aku tak lagi segarang dulu. Di sela-sela tur sebelumnya, aku masih menyempatkan diri bertemu dengan para legislator. Tapi sekarang, aku tak bisa lagi melakukannya. Tak ada yang abadi dan dalam hidup selalu ada titik di mana kau akan bertanya, ‘Ke mana selanjutnya?’” ujarnya.

Kemudian pertanyaannya, apakah U2 akan melanjutkan perjalanan mereka dengan tur selanjutnya setelah merampungkan ‘Experience + Innocence’? Terkait pertanyaan tersebut, Bono mengungkapkan, “Entahlah. Aku tak terlalu berharap. Aku rasa tak masalah melihat kembali karya yang telah kau hasilkan dan menghormatinya. Tetapi jika tur adalah hal terbaik yang bisa kami lakukan, kemungkinan besar personel U2 tak memiliki pemahaman yang sama,” imbuhnya.

U2 seharusnya merampungkan tur ‘Experience + Innocence’ minggu lalu. Namun mereka harus kembali ke Berlin untuk menggelar konser pengganti, setelah Bono kehilangan suaranya saat tampil pada 1 September silam.

Sebagian penggemar berspekulasi bahwa keputusan U2 membawakan tembang hits mereka Stay (Faraway, So Close!) sebagai petunjuk mereka akan segera pensiun. Pasalnya, lagu itu tak pernah dimainkan U2 dalam beberapa dekade terakhir. (aci)