oleh

BP3TKI Padang Adakan Job Fair

PADANG – Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indoensia (BP3TKI) Padang mengadakan bursa kerja (job fair) terkait peluang kerja ke luar negeri, Selasa (30/7).

Kepala BP3TKI Padang, Lismia Elita mengungkapkan, job fair ini dilaksanakan khusus memberikan kesempatan kepada pencari kerja yang ingin memanfaatkan peluang kerja luar negeri dengan perusahaan yang memiliki job dari luar negeri. Sehingga diharapkan dapat terjadi perekturtan langsung dan penempatan pekerja migran asal Sumatera Barat ke luar negeri semakin meningkat.

Dari data BP3TKI Padang, pada 2017 tercatat di Sisko-TKLN (Sistem Komputerisasai Tenaga Kerja Luar Negeri) sebanyak 1.258 orang asal Sumbar yang berangkat kerja ke luar negeri. Sedangkan sebanyak 799 orang yang berproses untuk  penempatan ke luar negeri di BP3TKI Padang. Sedangkan pada 2018 tercatat sebanyak 1.412 orang asal Sumatera Barat berangkat kerja ke luar negeri. Dari seribu lebih orang ini hanya sebanyak 903 orang yang berposes di BP3TKI Padang sedangkan 510 orang berproses di luar Sumatera Barat.

Berdasarkan data tersebut dapat diketahui ada perbedaan antara Pekerja Migran asal Sumatera Barat yang berangkat dengan PMI yang berproses di BP3TKI Padang.

Dari data keberangkatan yang berasal dari Direktorat Jendral Imigrasi dapat dikatakan perbedaan tersebut dikarenkan ada PMI yang berproses di luar Sumatera Barat. Dari data keberangaktan dapat diketahui mereka berangkat dari kota lainnya bukan Padang, contohnya dari Bandara Polania- Sumatera Utara, Hang Nadim- Batam, Soekarno Hatta- Tanggerang, Tanjung Balai- Sumatera Utara, dan Pinang Kampai-Dumai.

Kepala Disnaker Sumbar, Nazrizal, juga mengharapkan agar pengangguran di Sumatera Barat dapat berkurang, dan bekerja ke luar negeri menjadi salah satu alternatif dan jalan keluar terhadap permasalahan tersebut.

Pelaksanaan bursa kerja mengadirkan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia  (P3MI) tidak hanya berasal dari Sumatera Barat, namun juga berasal dari pusat, Seperti PT Bina Mandiri dan PT Putra Duta Pembangunan.

Sedangkan dari Sumatera Barat, terdapat pula PT Andalan Mitra Prestasi, PT Dhamaskaraya Raharja, PT Adhi Makmoer Oenggoel Insani dan P3MI Lainnya.

Selain, itu hadir pula LPK dari luar Sumatera Barat yang memiliki program untuk pelatihan bahasa Jepang dan penempatan untuk careworker atau pejabat lanjut usia di negara Jepang. LPK Bahana Inspirasi Muda yang berasal dari Bandung  ini hadir untuk menawarkan program ekslusif bagi lulusan keperawatan untuk mempersiapkan diri bekerja ke Jepang. (rel)

Berita Terkait