Tak Berkategori  

Brigjen Pol Apriastini Harapkan Ada Polwan Jadi Kapolres di Sumbar

BUKITTINGGI  Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) Polri dan Pakor Polwan Republik Indonesia, Brigjen Pol Apriastini Bhaktibugiansri berharap nantinya ada Kapolres dari Polwan yang ditugaskan di Bukittinggi.

Hal itu disampaikan Apriastini di Monumen Tugu Polwan Bukittinggi saat melakukan rangkaian napak tilas menuju hari lahirnya Polwan di Bukittinggi, Jumat (20/8).

“Keputusan jabatan memang dari perintah dan kebijakan pimpinan Polri, namun kita harap dan minta doanya bersama semoga ke depannya nanti ada Polwan yang menjadi Kapolres di Bukittinggi,” kata Apriastini.

Ia mengatakan siapapun yang menjadi Kapolres atau Kapolda di Sumatera Barat, daerah ini sudah menjadi sejarah cikal bakal dari lahirnya Polwan di Indonesia.

“Mohon doanya rekan-rekan, siapapun Polwan semoga bisa menjadi Kapolres di Bukittinggi sewaktu-waktu nanti,” kata dia.

Ia mengatakan kota Bukittinggi adalah lahirnya dan cikal bakal adanya Polwan di Polri dengan adanya enam orang perempuan tangguh di daerah ini sejak 73 tahun lalu yang menjadi pelopor hingga Polwan bisa eksis saat ini.

“Jadi, untuk tidak melupakan sejarah Polwan, kita lakukan rangkaian napak tilas ini sebagai pengingat perjuangan lahirnya Polisi Wanita,” kata dia.

Sementara Pakor Polwan Polda Sumbar, AKBP Widya Aziz mengatakan saat ini untuk wilayah hukum Polda Sumbar ada sebanyak 600-an Polwan yang aktif bertugas.

“Sayangnya memang belum ada saat ini Polwan yang menjadi Kapolres di seluruh Sumatera Barat, kita harap nantinya adanya Polwan yang menjabat di jabatan strategis,” kata dia.

Ia mengatakan, saat ini beberapa Polwan yang berpangkat AKBP dan diatasnya sudah banyak yang pensiun di Sumatera Barat.

“Kini Polwan lebih banyak dalam tingkat Pama, jadi lebih banyak mengisi di posisi Kasat dan stuktur organisasi Polri di Polda dan Polres,” kata dia.

Ia menyebutkan, saat ini ada dua orang Polwan dengan pangkat Kombes yang ada di Sumatera Barat yaitu Kabiddokkes dijabat oleh Kombes Pol drg. Lisda Cancer dan Kabidkum oleh Kombes Pol Nina Febri Lindadi.

Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara yang ikut mengiringi kegiatan napak tilas tersebut mengatakan merencanakan akan mengadakan Upacara Hari Polwan nantinya di Monumen Tugu Polwan.

“Akan kita coba agendakan melakukan upacara peringatan hari lahirnya Polwan ke-73 nantinya di Monumen Tugu Polwan ini,” kata Kapolres. (ant)