Budi Gunawan Penuhi Syarat Jadi Kapolri

×

Budi Gunawan Penuhi Syarat Jadi Kapolri

Sebarkan artikel ini
Farouk Muhammad. (*)

JAKARTA РWakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Farouk Muhammad mengatakan bahwa Komjem Polisi Budi Gunawan atau BG secara formal yuridis sudah memenuhi syarat untuk menjadi Kapolri, menggantikan Jenderal Pol. Badrodin Haiti  atau BH yang akan pensiun pada Juli 2016 nanti

“Dia (BG) juga memenuhi syarat senioritas dan tidak pernah dihukum. Artinya dilihat dari syarat formal dan yuridis, BG sudah memenuhi untuk menjadi Kapolri,” kata Farouk kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (10/6).
Bekas Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Maluku ini membenarkan kalau saat ini ada beberapa nama yang diusulkan ke Presiden Joko Widodo untuk menjadi Kapolri, di antaranya Budi Gunawan, Budi Waseso, Putut Eko Bayuseno dan Syafruddin.
“Semua mereka itu bintang tiga yang memiliki kemampuan dan ‘integritas’ yang sama. Tinggal Presiden mau memilih yang mana. Presiden pasti akan memilih calon yang aman bagi dia dan nyaman untuk bekerja sama,” katanya.
Menurut Farouk untuk menjadi seorang Kapolri, paling tidak seorang calon harus memiliki “integritas dan soliditas” yang tinggi, walau syarat ini sangat subjektif.
Soal wacana agar masa jabatan Kapolri Badrodin Haiti diperpanjang, Senator asal NTB menolaknya, walau permintaan itu sah-sah saja.(ery satria)