Tak Berkategori  

Buka Lapangan Kerja, Sarjana Jangan Hanya Berharap Jadi PNS

Nasrul Abit (ist)
Nasrul Abit (ist)
Nasrul Abit (ist)

PADANG – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meminta kepada para sarjana jangan hanya berharap untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), memilih-milih untuk mencari pekerjaan, dan tidak fokus mencari pekerjaan di perkotaan. Akibatnya, banyak sarjana yang tertampung dunia kerja.

Hal tersebut diungkapkan Nasrul, menanggapi data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar, yang mendeteksi tingkat pengangguran di Sumbar dominasi oleh para sarjana atau lulusan dari perguruan tinggi.
Kondisi itu berbanding terbalik dengan kondisi pendidikan yang lulusan sekolah dasar, ternyata mendapat tempat didunia kerja yang lebih bagus ketimbang para sarjana.
Menurutnya, salah satu penyebab para sarjana di Sumbar yang paling dominan menganggur ialah keilmuan atau jurusan yang ditekuni oleh sarjana tersebut, tidak begitu banyak dibutuhkan di Sumbar ini, seperti pertambangan dan perindustrian.
“Jadi, memilih perguruan tinggi atau jurusan, perlu diketahui dulu, mau jadi apa ke depannya, dan keilmuan apa yang ingin dipelajari. Kira-kira cocok tidak dengan bakat yang dipunya. Contoh jika berbakat di bidang fotografi, maka ambil jurusan soal fotografi yakni di Ilmu Komunikasi,”jelasnya, Senin (8/5). (yose)