Tak Berkategori  

BUMN Tambang Disiapkan Kelola Freeport

 

JAKARTA – Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengisyaratkan BUMN pertambanagan siap “masuk” ke PT Freeport Indonesia. Keempat BUMN itu adalah PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero.

“Kalau memang ada divestasi Freeport Indonesia, dan kami diberikan kesempatan untuk membeli saham yang akan didivestasikan, kami siap (mengelola),” kata dia, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (8/1).

Dalam sinergi empat BUMN pertambangan itu, kata dia, ditekankan betapa penting konsolidasi dan sinergi untuk menjadi kelompok usaha pertambangan yang besar tidak hanya di Indonesia tapi juga di tingkat global.

Menurut dia, persoalannya untuk “masuk” ke PT Freeport Indonesia merupakan perjanjian antara pemerintah dengan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

“Kami dari BUMN melihat potensi tambang Freeport sangat besar. Namun (untuk masuk) tidak terlepas dari nilai perusahaan itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, Kementerian BUMN saat ini sudah menetapkan Tim Komite Konsolidasi BUMN Pertambangan yang ditugasi, antara lain mengkoordinasikan mengkaji dan merumuskan berbagai kerjasama dan sinergi bisnis ke empat perusahaan itu. (*/lek)

Sumber:antara