Bundesliga; Dortmund ke Puncak, Bayern Ditumbangkan Augsburg

Bundesliga. (*)

JAKARTA  – Gol Youssoufa Moukoko membawa Borussia Dortmund menang 1-0 dalam derbi melawan Schalke sekaligus memuncaki klasemen Bundesliga ketika dalam saat yang bersamaan Bayern Muenchen menelan kekalahan pertama musim ini di kandang Augsburg.

Kekalahan 0-1 dari Augsburg adalah keempat kalinya berturut-turut Bayern kehilangan poin penuh setelah bermain seri di tiga pertandingan sebelumnya.

Setelah pertandingan, pelatih Bayern Julian Nagelsmann menyalahkan sikap laissez-faire (tampil alakadarnya) dan kurangnya kerja sama tim yang dilakukan pemain-pemainnya.

“Ketika saya melihat statistik, kami seharusnya menang… Kami bisa saja mencoba hal-hal sederhana untuk memainkan ruang belakang (pertahanan Augsburg), tetapi kami bermain sangat laissez-faire di sepertiga akhir lapangan,” kata Nagelsmann seperti dikutip AFP.

 

Sebaliknya pelatih Augsburg Enrico Maassen mengatakan timnya “menderita” atas kemenangan tersebut.

“Saya bangga kepada tim saya. Kami mengambil risiko tinggi dan menderita,” kata Maassen.

Di Dortmund, tuan rumah sepertinya bakal kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan kekalahan Bayern, namun gol menit akhir yang dibuat Moukoko membawa mereka meraih tiga poin.

Di Augsburg, tuan rumah termotivasi untuk pertandingan besar melawan tetangganya sesama tim Bavaria.

Florian Niederlechner menciptakan peluang emas untuk Augsburg pada menit ke-11, tetapi intervensi penting bek Bayern Dayot Upamecano membuat tembakannya bisa dijinakkan kiper Manuel Neuer.

Bayern mulai menemukan ritmenya ketika pada menit ke-32 Sadio Mane terlihat pasti akan mencetak gol sebelum digagalkan oleh sepakan terakhir Max Bauer.

Augsburg yang mengalahkan Bayern 2-1 tahun lalu, tidak puas bermain imbang dan terus melancarkan serangan balik.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan ketika tendangan bebas Augsburg mendarat sempurna ke arah Mergim Berisha yang menyarangkan bola ke gawang Bayern.

 

Nagelsmann langsung bereaksi dengan memasukkan bek kanan Noussair Mazraoui untuk menggantikan Serge Gnabry.

Tim tamu terus menekan untuk menyamakan kedudukan, tetapi Augsburg sukses mempertahankan keunggulan.

Sementara itu kemenangan Dortmund dinodai oleh cedera pergelangan kaki yang parah yang berpotensi serius kepada kapten Marco Reus.

Reus yang absen saat Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 karena cedera pergelangan kaki, ditandu keluar lapangan pada menit ke-30 setelah berbenturan dengan bek Schalke Florian Flick.

Jude Bellingham nyaris mencetak gol pembuka setelah pertandingan dilanjutkan, namun sundulannya digagalkan oleh kiper tamu Alexander Schwolow.

Striker Dortmund Anthony Modeste hampir mencetak gol dengan sundulannya pada masa injury babak pertama, tetapi melebar dari gawang.

Modeste digantikan oleh Moukoko pada menit ke-64 dan langsung menambah daya gedor Dortmund.

Tekanan terus menerus Dortmund pada gawang Schalke akhirnya membuahkan hasil ketika pada menit ke-79 Moukoko menyundul umpan silang Marius Wolf.

“Malam ini pasti akan menjadi malam yang panjang. Saya memimpikan gol ini setiap saat,” kata Moukoko.

Ini adalah kemenangan 1-0 keempat Dortmund dalam tujuh pertandingan musim ini.

Di tempat lain, Eintracht Frankfurt menorehkan kemenangan ketika dalam empat pertandingan terakhirnya setelah menang meyakinkan 3-1 di kandang Stuttgart.

Sebastian Rode membawa tim tamu unggul pada menit keenam yang digandakan Daichi Kamada pada menit ke-55. Tiago Tomas sempat membalaskan satu gol untuk Stuttgart pada menit ke-79 sebelum Kristijan Jakic menciptakan gol ketiga Frankfurt pada menit ke-88.

Di kandang Leverkusen, gol menit ke-57 dari Kerem Demirbay tampaknya akan mengamankan kemenangan kedua tuan rumah musim ini, tetapi Milos Veljkovic menyamakan kedudukan 1-1 untuk menyelamatkan satu poin untuk Werder Bremen.

Borussia Monchengladbach memperdaya RB Leipzig dengan skor 3-0 berkat dua gol Jonas Hofmann dan satu gol Ramy Bensebaini yang membuat lawannya semakin ke dasar krisis.

Kekalahan itu melemparkan Leipzig ke urutan ke-12 dengan delapan poin, sedangkan Gladbach naik ke peringkat enam dengan 12 poin. (*/ant)