Buronan BLBI Samadikun Hartono Ditangkap di China

×

Buronan BLBI Samadikun Hartono Ditangkap di China

Sebarkan artikel ini

BERLIN – Buronan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia Samadikun Hartono ditangkap Badan Intelijen Negara (BIN) di China. Saat ini buronan tersebut akan dipulangkan  ke Tanah Air mengikuti mekanisme yang berlaku di internasional.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso Senin (18/4) mengatakan, Kemenlu akan berperan dalam upaya pemulangan Samadikun dengan berkoordinasi Pemerintah China.

Ia menyebutkan selain mengejar Samadikun, Pemerintah Indonesia juga mengejar buron lain yang saat ini mencapai 33 orang.

“Saya akan buka kalau sudah ketemu dan lapor Presiden, tadi saya sudah lapor, perburuan para buron sudah jadi kebijakan Jokowi-JK, sebagai pembantu saya merespon kebijakan ini,” katanya.

Baca Juga:  Polres Bukittinggi Bongkar Peredaran Narkoba Jaringan Lapas

Ia menyebutkan sesuai UU Nomor 17 tahun 2011, BIN berwenang melakukan operasi di luar negeri sehingga BIN punya perwakilan di luar negeri termasuk dalam upaya mengejar Samadikun.

“Dia mantan komisaris utama Bank Modern, buron BLBI sejak 2003, padahal sudah inkrah dan memiliki utang Rp169,4 miliar dan vonis empat tahun,” katanya.

Ia menyebutkan BIN bekerja sama dengan Pemerintah China untuk memantau Samadikun yang dipastikan berada di China.