Tak Berkategori  

Carlo Pernat: Honda Tengah Dalam Bencana Besar

BRNO – Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, menilai Honda tengah berada dalam bencana besar di MotoGP 2020. Honda harus mengalami kesulitan besar karena terlalu bergantung kepada jasa Marc Marquez.

Di gelaran MotoGP 2020, Honda memang tampak tengah terpuruk. Insiden besar yang membuat pembalap andalan mereka, Marc Marquez, didera cedera hingga terpaksa absen besar telah mendatangkan bencana kepada tim tersebut.

Tanpa adanya Marquez, hasil minor terus dituai Honda. Bahkan, di tiga balapan awal yang sudah digelar, tak ada satu pun wajah pembalap Honda yang bisa menghiasi podium MotoGP.

Penderitaan Honda pun diprediksi akan berlanjut ke seri keempat dan kelima MotoGP 2020 yang akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Austria. Sebab, Marquez diprediksi masih akan absen dan baru akan kembali menjalani balapan di MotoGP San Marino 2020.

Menurut Pernat, kondisi yang tampak begitu buruk untuk Honda itu terjadi karena kesombongan tim tersebut yang terlalu mengagungkan sosok Marquez. Merek dinilai tak memikirkan risiko lain yang bisa muncul jika melakukan hal tersebut.

Keputusan buruk Honda bahkan dinilai juga terlihat dalam memutuskan line-up pembalap musim depan. Mereka terancam kehilangan pembalap yang bisa memberi podium selain Marquez, yakni Cal Crutchlow. Honda justru mempertahankan Alex Marquez yang masih tampil minor sampai saat ini.

“Sebuah bencana. Crutchlow telah melakukan operasi pada tangan kanannya dan sudah memikirkan untuk menetap dengan Aprilia pada tahun depan. Bradl sudah lama tidak balapan,” ujar Pernat, sebagaimana dikutip dari GP One, Selasa (11/8).

“Alex Marquez tampak seperti tikus yang tenggelam. Nakagami tidak buruk, tetapi motornya tidak bisa membawanya menjadi pemenang,” lanjutnya.

“Marquez menang, tapi dia menunjukkan hal yang tidak diduga sebelumnya. HRC membayar untuk kesombongannya,” tukas pengamat MotoGP tersebut.(mat)