Tak Berkategori  

Catat! 12 Maret, Stasiun KA Pulau Air ke BIM Mulai Beroperasi

Manajer Pengoperasian PT KAI Divre II Sumbar, Roeslan menjelaskan tentang akan beroperasinya kembali Stasiun Pulau Air Kota Padang. (J.E Syawaldi)

PADANG – Stasiun Pulau Air Kota Padang yang mati sejak tahun 1977 resmi kembali beroperasi tanggal 12 Maret 2020.

Manajer Pengoperasian PT KAI Divre II Sumbar, Roeslan kepada wartawan di media center Balaikota Aia Pacah mengatakan, launching pengaktifkan kembali bakal dihadiri Menteri Perhubungan pada tanggal 16 Maret 2020.

“Untuk memacu minat masyarakat menggunakan kereta api, PT KAI akan gratiskan tiket dari tanggal 12-22 Maret bagi penumpang dari stasiun pulau air ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” ujarnya, Kamis (5/3).

Lebih jauh Soeranto mengatakan, nantinya Stasiun Pulau Air disiapkan untuk KA Sibinuang sehingga rute kereta semakin panjang. Selain itu, Stasiun Pulau Air juga dilalui oleh kereta Bandara Minangkabau Ekspres. Stasiun Pulau Air berlokasi di dekat pelabuhan penyeberangan ke Kepulauan Mentawai.

“Jadi, kalau ada wisatawan yang hendak ke sana, bisa naik kereta bandara,” kata Soeranto.

Ditambahkannya, reaktivasi ketiga yang bakal dijalankan oleh Kemenhub yaitu perpanjangan dari Stasiun Naras menuju Stasiun Sungai Limau. Saat ini, progresnya baru sampai persiapan Detail Engineering Design (DED) yang dimulai 2020 dan pengerjaannya dilakukan pada tahun 2021 dan resmi beroperasi pada tahun 2022.

Reaktivasi ke mpat yaitu Stasiun Padang Panjang-Stasiun Bukittinggi. “Saat ini masih proses Amdal (Analisis Dampak Lingkungan),” tutupnya. (syawaldi)