oleh

Cegah Malaria, Freeport Bagikan 54 Ribu Kelambu Antiseptik

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

TIMIKA – Departemen Public Health & Malaria Control PT Freeport Indonesia telah mendistribusikan sekitar 54 ribu kelambu antiseptik di Kota Timika, Papua dan sekitarnya untuk mencegah gigitan nyamuk pembawa bakteri malaria.

Manajer Community Health Development PHMC PT Freeport Indonesia Kerry Yarangga, Senin (13/4) mengatakan selama beberapa tahun PHMC memberikan dukungan penuh kepada program pemberantasan penyakit malaria di Kabupaten Mimika.

Kegiatan dilakukan dalam bentuk penyemperotan tempat-tempat perindukan nyamuk, pemasangan kelambu antiseptik, edukasi dan tes darah untuk mengecek parasit malaria dan tubuh seseorang.

“Kelambu antiseptik yang sudah kami distribusikan sekitar 54.300, itu baru di Kota Timika dan sekitarnya. Kalau di wilayah pesisir, distribusi kelambu antiseptik ditangani oleh Biro Kesehatan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro,” jelas Kerry.

Petugas PHMC yang tergabung dalam Pusat Pengendalian Malaria (Malaria Centre) Kabupaten Mimika, tidak hanya membagikan kelambu, tetapi sekaligus juga membantu pemasangan kelambu di setiap rumah-rumah warga.

“Harapan kami kalau sudah terpasang maka harap tetap dipakai dan dijaga. Kalau rusak, tolong segera diinformasikan agar secepatnya diganti,” ujar Kerry.

Melalui upaya yang sungguh-sungguh dari semua pihak, katanya, angka kasus malaria di Kabupaten Mimika terus mengalami penurunan. (*/aci)

sumber:antara

Loading...

Berita Terkait