oleh

Ceko Hadiahi Inggris Kekalahan Perdana

JAKARTA – Tim nasional Inggris menelan kekalahan perdana mereka di Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020 saat terjungkal dan kalah 2-1 melawan Republik Ceko dalam lawatan ke Stadion Sinobo, Praha, Jumat setempat (Sabtu WIB).

Inggris yang sempat unggul lebih dulu lewat eksekusi penalti Harry Kane malah pulang dengan tangan hampa setelah Jakub Brabec menyamakan kedudukan dan penyerang pengganti Zdenek Ondrasek memastikan kemenangan Ceko, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kendati kalah, Inggris masih berada di puncak klasemen Grup A dengan koleksi 12 poin di atas Ceko (12) yang harus menduduki peringkat kedua karena selisih gol.

James Maddison absen bela timnas Inggris karena sakit

Padahal Inggris tampil cukup dominan dengan memiliki 55 persen penguasaan bola sepanjang laga namun gagal menciptakan banyak peluang dan hanya melepaskan tujuh percobaan tembakan.

Sebaliknya, tampil di hadapan pendukungnya sendiri membuat Ceko bermain agresif dan melepaskan 17 percobaan tembakan yang delapan di antaranya menemui sasaran.

Baru empat menit laga berjalan Inggris mendapat keuntungan saat Raheem Sterling memasuki kotak penalti dan dijatuhkan oleh Alek Kral sehingga wasit segera menunjuk titik putih.

Kane yang menghadapi bola berhasil mengeksekusi tendangan penaltinya untuk membawa Inggris unggul atas Ceko.

Namun, menit kesembilan Ceko berhasil menyamakan kedudukan lewat Brabec yang memanfaatkan umpan sepak pojok untuk menyontek bola ke dalam gawang.

Pada menit 85, Ondrasek berhasil menyambut umpan silang Masopust untuk mencetak gol di laga debutnya bersama Ceko. Gol itu yang gagal dibalas Inggris memastikan kemenangan Ceko 2-1.

Inggris melanjutkan lawatan ke Bulgaria pada Selasa (15/10) WIB berkesempatan melebarkan lagi jarak keunggulan di puncak klasemen Grup A. DemikianĀ antara. (aci)

Loading...

Berita Terkait