Tak Berkategori  

Cerdas Cermat Antar FKTP Pengelola Prolanis, Klinik Fanisa Jadi yang Terbaik

BPJS Kesehatan menyelenggarakan lomba cerdas cermat antar FKTP pengelola Prolanis. (*)
BPJS Kesehatan menyelenggarakan lomba cerdas cermat antar FKTP pengelola Prolanis. (*)

PADANG – BPJS Kesehatan menyelenggarakan lomba cerdas cermat antar FKTP pengelola Prolanis pada Sabtu (21/7). Lomba yang dihelat dalam rangka memeriahkan HUT BPJS Kesehatan ke 50 ini mempertandingkan 20 tim fktp pengelola prolanis di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padang.

Tim terdiri dari petugas penanggung jawab prolanis dan 2 orang anggota prolanis. Di partai final, tim Klinik Fanisa mampu mengungguli tim dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) lain.

Secara total, di partai pamungkas tersebut tim cerdas cermat dari Klinik Fanisa berhasil mengumpulkan 1050 poin, disusul tim Klinik Cempaka Indah 950 poin dan Klinik Mitra Sandona 700 poin sebagai juara 2 dan 3. Sementara Puskesmas Air Tawar dan Puskesmas Lubuk Buaya harus puas berada di peringkat harapan 1 dan harapan 2, kedua puskesmas tersebut masing-masing mengumpulkan 600 dan 500 poin.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang melalui Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer, Meri Lestari mengatakan bahwa cerdas cermat ini merupakan salah satu upaya peningkatan pemahaman peserta prolanis dan pengelola tentang seputar Prolanis dan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Prolanis sendiri adalah program pengelolaan penyakit kronis peserta JKN-KIS dengan melibatkan peran aktif peserta, keluarga peserta dan fasilitas kesehatan. Harapan kami peserta bisa mandiri mengelola penyakitnya sehingga bisa meningkatkan produktifitas dan kualitas hidup. KC padang memiliki 269 klub prolanis dan 6255 peserta yang dikelola oleh 154 FKTP,” ujarnya.

Kegiatan yang diawali dengan senam sehat bersama ini mendapat tanggapan positif dari peserta pun dari penanggungjawab prolanis FKTP. Rafki Aftia Pratama misalnya, penanggungjawab Klinik Cempaka Indah tersebut mengatakan bahwa kegiatan cerdas cermat seperti ini sangat bermanfaat bagi peserta yang tergabung dalam klub prolanis.

“Harus sering-sering diselenggarakan saya rasa ya, karena selain ilmu bertambah itu tadi, kekompakan dan keakraban peserta sesama klub prolanis dan antar klub prolanis akan semakin meningkat. Ketemu dengan peserta lain juga akan meningkatkan rasa bahagia, happy-nya dapet juga,” ujarnya.

Hal tersebut diakui juga oleh Nelfalisma selaku penanggungjawab Puskesmas Lubuk Buaya, ia berharap agar kegiatan cerdas cermat ini diadakan secara kontinyu dengan kualitas yang semakin meningkat. “Peserta dari kami merasa sangat terkesan, acaranya menarik dan meriah,” ucapnya.

Hadiah kelima finalis di atas akan diserahkan secara langsung pada saat kegiatan Senam Kolosal yang akan dilaksanakan pada 29 Juli 2018 mendatang di Halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat. Senam Kolosal dalam rangka menyongsong Asian Games XVII dan HUT BPJS Kesehatan ke 50 tersebut juga akan diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia yang berpusat di Lapangan Monas dengan jumlah peserta 18.818 jiwa. (yuke)