DARI SIMULASI OKD; Tanki Timbun BBM di Teluk Kabung Terbakar

Kegiatan simulasi Pertamina. (yuni)

PADANG – Pagi, sekira pukul 09.40 WIB, sirine terdengar meraung panjang di kawasan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Teluk Kabung. Asap tampak mengepul dari tanki timbun BBM 5 A yang terletak di sebelah timur kawasan tersebut.

Petugas dari TBBM tampak sibuk memadamkan api, namun mereka mulai kewalahan karena api terus berkobar. Beberapa saat kemudian mobil pemadam kebakaran memasuki area TBBM. Mobil itu tampak melaju sangat kencang dari arah Kota Padang. Disusul sebuah ambulance yang juga kencang dengan sirine yang bunyinya seolah berpacu dengan waktu.

Di sekitar tanki timbun, terdengar pekikan beberapa orang yang tersambar api. Korban berjatuhan. Didapat informasi, ada lima korban yang tersambar percikan api yang membakar tanki berisi BBM itu. Petugas pun hilir mudik mengevakuasi mereka. Ada yang patah kaki dan luka bakar.

Belum lagi api di tanki timbun itu padam, di dermaga juga terjadi tumpahan minyak jenis MFO dari jalur pipa bunker menuju kapal. Kabarnya,  petugas yang panik melihat api, terburu-burunya melepaskan kapalnya dari dermaga, sehingga menyebabkan minyak tertumpah ke laut.

Suasana makin mencekam, tatkala sejumlah massa memaksa masuk ke areal TBBM Teluk Kabung. Mereka mempertanyakan situasi yang terjadi pagi itu. Namun, tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, sehingga mulai berbuat anarkis. Petugas keamanan pun berupaya menghalau mereka.

Sekira pukul 10.35 api berhasil dipadamkan. Kondisi juga mulai kondusif berkat kesigapan tim Health Safety and Environment (HSE) PT Pertamina Teluk Kabung yang juga berkoordinasi dengan Pemko Padang dan stakeholder lainnya. Situasi kembali aman terkendali. “Alhamdullilah,” kata Operation Head (OH) TBBM Teluk Kabung, Anas Hasan.

Semua itu hanyalah bagian dari simulasi Organisasi Keadaan Darurat (OKD) yang dilaksanakan PT Pertamina TBBM, Marine. dan Depot LPG Teluk Kabung, Marketing Operation Region I.

Dari evaluasi yang dilakukan, Anas yakin, bila ada kejadian, mereka siap melakukan penanggulangan keadaan darurat.

Adapun, personil yang terlibat dalam simulasi OKD kemarin, berjumlah sekitar 200 orang. Seluruh kendali dipegang oleh OH yang selalu berkoordinasi dengan jajaran terkait, termasuk juga dengan pihak Damkar Kota Padang, Puskesmas dan Polsek Teluk Kabung. (yuni)

Loading...