Sumbar

Dari Status Juara Umum, Sumbar Targetkan Masuk Lima Besar pada MTQ Kalimantan Selatan

×

Dari Status Juara Umum, Sumbar Targetkan Masuk Lima Besar pada MTQ Kalimantan Selatan

Sebarkan artikel ini
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyerahkan bendera pataka MTQ Sumbar pada ketua kafilah Sumbar, M. Irsad yang juga Kabiro Bintal Setdaprov Sumbar, Sabtu (8/10).ist

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memasang target lima besar pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 yang diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan. Target itu jauh di bawah prestasi Sumbar pada 2020 yang menempati juara umum.

“Walau target kita di bawah, tapi ini realistis. Selan faktor tuan rumah, juga faktor dukungan anggaran. Anggaran kita sangat jauh berbeda,”sebut Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy melepas kafilah Sumbar ke Kalimantan Selatan, Sabtu (8/10/2022) di Asrama Haji Tabing, Padang.

Meski begitu, para qari-qariah yang mewakili Sumbar diharapkan jangan patah semangat. Harus tetap menampilkan kemampuan terbaik pada ajang dua tahunan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Audy yang juga Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) itu menargetkan peringkat 5 besar pada ajang MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 ini. Wagub berpesan agar Kafilah Sumbar dapat memberikan yang terbaik dan berjuang secara maksimal.

“Kami menaruh harapan besar pada qari-qariah dan hafidz-hafidzah untuk tampil secara maksimal membawa misi sebagai duta Al Quran Sumatera Barat, serta mengharapkan agar seluruh kafilah Provinsi Sumatera Barat dapat menunjukan dedikasi dan rasa tanggung jawab dalam mencapai prestasi pada pelaksanaan MTQ Nasional ke-29 di Kalimantan Selatan. Tentunya hal ini tidak dijadikan beban tapi menjadi motivasi dan tantangan dalam berkompetisi” ujar Audy.

Wagub berpesan agar selama mengikuti MTQ ke-29 itu, Kafilah Sumbar dapat menempatkan diri dengan baik, dan menghargai adat istiadat dan budaya lokal masyarakat Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah.

Selain itu, Ia juga memberikan apresiasi pada Kanwil Kemenag Sumbar dan semua pihak yang ikut terlibat dalam mempersiapkan keikutsertaan Sumatera Barat pada MTQ Nasional ke 29 tersebut, mulai dari proses seleksi calon hingga penetapan 54 orang anggota kafilah, persiapan pelaksanaan, karantina sampai dengan dilepasnya keberangkatan Kafilah Sumbar menuju Kalimantan Selatan.

Baca Juga:  Dalam 2 Hari, Tim Karanggo Polres Padang Panjang Tangkap 5 Pelaku Penyalahgunaan Narkotika

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahi, kita lepas secara bersama keberangkatan Kafilah Sumbar untuk mengikuti MTQ Nasional ke-29 di Kalimantan Selatan. Semoga memperoleh hasil yg terbaik dan selalu berada dalam lindungan dan hidayah Allah SWT, Amin ya Rabballamiin,” ucap Wagub.

MTQ Nasional ke-29 ini menjadi ajang untuk menunjukkan kemampuan para qori dan qoriah dari berbagai provinsi di seluruh indonesia yang di selenggarakan tiap dua tahun sekali. Acara pelepasan kalifah itu kemudian secara resmi ditutup dengan foto bersama dan penyerahan bendera kontingen Sumatera Barat dalam mengikuti MTQ Nasional ke-29.

Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Helmi mengatakan Kafilah Sumbar yang akan tampil di MTQ Kalimantan Selatan sebanyak 85 orang mengikuti 8 cabang. Terdiri dari 54 peserta ditambah dengan pendamping, tenaga medis dan 1 orang jurnalis. Untuk jurnalis diwakili atas nama Mulyadi Muslim.

“Kami laporkan, untuk mempersiapkan ini. Kita sudah melakukan  sejumlah persiapan. Mulai dari pemusatan latihan dan bimbingan lainnya. Insya Allah kita akan tampil dengan maksimal,”sebut Helmi yang juga Ketua I LPTQ Sumbar.

Turut mendampingi Wagub pada pelepasan yang dilakukan di Asrama Haji Tabing, Padang itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Dr. H. Helmi, juga Kepala Biro Bina Mental dan Kesra M.  Irsyad, serta pendamping dan kontingen orang tua peserta.(104)